Tips Wisata

Tips Nawar Harga di Pasar Beringharjo



Tips Nawar Harga di Pasar Beringharjo

Spotunik.com - Membeli barang di Pasar Beringharjo terkadang bisa susah - susah gampang. Tentunya ada tips untuk nawar harga belanjaan di Pasar Beringharjo. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan harga yang lebih rendah dari yang ditawarkan oleh para penjual di Pasar Beringharjo. Yuk, kita kupas.

1.  Punya gambaran budget sebelumnya

Ada baiknya kamu telah menyiapkan budget belanja sebelumnya. Berapa banyak sih dana yang kamu siapkan untuk berbelanja, karena kamu juga perlu mengestimasi kepada siapa saja oleh-oleh akan diberikan. Tentunya pengeluaran ini dapat membengkak secara tiba-tiba. Lebih bagus punya gambaran harga sebelumnya, perlu sedikit repot untuk tanya-tanya kepada saudara atau teman kita yang pernah singgah belanja di Pasar Beringharjo berapa harga wajar untuk item oleh-oleh yang sudah kita list. Tentunya hal ini akan meminimalisir kegilaan belanja kita saat di TKP nanti.

2.  Tahu harga pertama

Dengan mengetahui harga pertama dari penjual yang kamu temui, maka kamu dapat menjadikan patokan untuk bisa menawar harga lebih rendah dari harga pertama. Penjual di Pasar Beringharjo tentu akan bersaing dalam masalah harga. Kamu bisa mulai dengan separuh harga setelah penjual menyebutkan harganya. Namun jika membeli dalam jumlah banyak maka harga akan semakin rendah.Jika penjual menggunakan model klasik saat bernegosiasi, misalnya saat dua belah pihak menawarkan harga yang berbeda, akhirnya menetapkan kesepakatan di suatu harga tengah, maka kamu bisa menolaknya sebab harga masih termasuk tinggi.

3.  Nawar harga rendah atau nawar harga kejam?

Kadang saat jalan mencari barang kita bisa capek nego harga seperti tarik tambang, jika ternyata barang yang kamu incar sudah kamu idamkan, maka hal ini akan berbeda lagi. Harga terbaik bukan berarti harga yang murah, namun yang cocok di kamu. Kadang bisa juga pasang tampang tidak begitu ngarep saat nawar barang padahal dalam hati sangat ngarep. Nawar harga dengan harga kejam, terus pura-pura pergi agar dipanggil penjual lagi. Ternyata tidak dipanggil juga, bisa berati kita menawar harga terlalu rendah. 

 

Baca juga: Kenapa Yogyakarta Cocok Untuk Traveller Yang Baru Pertama Kali Travelling?3 Wisata Alam Jogja Yang Membuat Liburan Anda Tak Terlupakan

 

4.  Kalau sudah mborong jangan sungkan minta ekstra bonus

Tentunya dengan larisnya para penjual menjajakan dagangannya akan membuat target penjualan mereka tercapai. Pastinya dong ini menjadi kesempatan yang sayang dilewatkan, yaitu meminta ekstra bonus atas belanjaan kamu. Inilah enaknya belanja di pasar Beringharjo, jika kamu mendapatkan pedangang yang baik hati, tak hanya harga sesuai dikantong, namun juga ekstra bonus yang bisa menambah kepuasan kamu berbelanja.

5.  Bahasa jawa ngaruh gak sih?

Kalau kamu jalan membawa teman yang bisa berbahasa jawa, ini adalah keuntungan untuk mu, temanmu bisa menjadi duta menawar barang untuk kamu. Namun ternyata tak semua pedagang asli dari jawa. Makin lama logat didengar bisa saja seperti orang luar jawa, eh ternyata asli Sumatra. Kalau keceplosan bahasa asli daerahnya dan ternyata kamu bisa sedikit bercakap dengan bahasa si pedagang, kamu bisa nawar dengan membawa semangat sama-sama orang rantau. Banyak negosiasi harga akhirnya berhasil karena ini. Tapi tanpa berbahasa jawapun,kamu tetap bisa mendapatkan harga yang baik yang cocok dikantong kamu. 

So, selamat berbelanja...

 

Baca juga: Keunikean Kuliner Sate Kere Pasar Beringharjo, Apa Rahasianya?Traveling Murah Menjelajah Di Jogjakarta