Tips Wisata

Kenapa Yogyakarta Cocok Untuk Traveller Yang Baru Pertama Kali Travelling?



Kenapa Yogyakarta Cocok Untuk Traveller Yang Baru Pertama Kali Travelling?

Spotunik.com - Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang terkenal ramah bagi para pelancong baru. Selain itu, beberapa alasan lain yang membuat kota ini begitu asyik untuk tujuan traveling anda pertama kali.

Banyak hal yang menarik bisa anda temui di Jogja. Kota Pelajar ini siap memberikan pengalaman traveling anda yang berkesan dan tak terlupakan. Berikut alasan mengapa Jogja merupakan destinasi yang tepat untuk anda para treveler yang baru pertama kali traveling:

 

 1  Bisa dicapai menggunakan kereta

 

Akses menuju Jogja tidak begitu sulit. Traveler dapat berangkat dengan kereta dari daerah asal khususnya yang berada di pulau Jawa. Untuk pemesanan tiket harap dilakukan jauh hari supaya tidak kehabisan. Maka dari itu penting untuk merencanakan agenda traveling sejak jauh - jauh hari sebelum menyiapkan segala keperluannya.

Selain nyaman menggunakan kereta juga lebih cepat dan murah. Harga tiket berbeda - beda tergantung kelas yang diambil. Namun kereta sekarang sudah relatif nyaman setiap kelasnya, dari yang paling mahal hingga yang paling murah sudah menggunakan AC dan terdapat fasilitas yang sama.

 

 2  Banyak penginapan murah

 

Penginapan di Jogja sangat banyak dan beragam. Dari yang mahal hingga yang paling murah bagi kantong backpacker, semua terjamin di Jogja. Penginapan murah ini harganya sekitaran Rp 70 ribu. Untuk fasilitas pun beragam tergantung harga yang ditawarkan pastinya.

Hotel murah pun bisa menjadi alternatif dan letaknya tidak jauh dari keramaian atau pusat kota. Seperti di sekitaran Malioboro misalnya terdapat Hotel The Munajat Backpacker dan Hotel Indonesia yang bisa anda jadikan referensi.

 

 3  Banyak makanan enak dan murah

 

Setelah penginapan, lekas anda tidak perlu menahan lapar untuk berhemat, karena di Jogja anda akan dimanjakan kuliner enak dengan harga terjangkau. Terdapat banyak angkringan dengan nasi kucingnya dengan harga Rp 1000, aneka gorengan dan kerupuk Rp 500, juga aneka minuman panas atau dingin. Dengan uang Rp 10 ribu sudah jaminan anda akan merasa kenyang.

Selain angkringan, terdapat gudeg, soto, pecel dan makanan khas lain yang lezat dan murah tentunya. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk berwisata kuliner di Jogja.

Tips mencari makan murah, carilah makan di sekitaran kampus yang biasanya menjual makanan dengan harga yang sesuai dengan kantong pelajar.

 

 4  Beragam objek wisata

 

Secara tidak sadar Jogja memiliki beragam destinasi wisata yang lengkap. Mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, budaya hingga yang gemar memacu adrenalin, semuanya tersedia disini.

Kalau ingin ke pantai pergilah ke Gunung Kidul. Disanalah anda akan menemukan deratan pantai - pantai indah yang iconic. Terdapat pula ikon siitus - situs candi, dan museum - museum bersejarah, juga menjelajah goa – goa yang sayang jika tidak anda eksplore. 

 

 5  Malem minggunya ramai

 

Cobalah habiskan waktu malam Minggu anda di Jogja, dijamin anda tidak akan kesepian. Setiap malam minggu tiba, pusat perkotaan Jogja tidak akan pernah sepi. Tempat – tempat nongkrong akan selalu ramai oleh para pengunjung.

Jika bosan hanya di kafe saja, anda bisa menuju Alkid atau Alun-alun Kidul yang dekat dengan Keraton Yogyakarta. Anda bisa sekedar duduk - duduk dan mengobrol di beberapa warung lesehan sekitar sambil menikmati wedang ronde hangat. Jangan lupa untuk mencoba sensasi mengelilingi alun – alun dengan sepeda yang dihias berbagai macam bentuk dan warna – warni lampu LED.

Yang tak boleh ketinggalan lagi, anda bisa mencoba tradisi Masangin. Masangin merupakan berjalan di antara kedua pohon beringin alun-alun dengan keadaan mata tertutup. Mitosnya, siapa yang dapat berjalan mulus di antara kedua pohon tersebut keinginannya akan tercapai.

 

Baca juga: Traveling Murah Menjelajah Di JogjakartaTips Nawar Harga di Pasar Beringharjo; 3 Wisata Alam Jogja Yang Membuat Liburan Anda Tak Terlupakan

 

 6  Banyak turis yang bisa anda ajak kenalan

 

Tidak hanya wisatawan lokal, Yogyakarta juga banyak didatangi oleh wisatawan mancanegara. Jika bertemu sesama traveler, manfaatkan kesempatan untuk berkenalan baik dengan turis lokal maupun asing. Selain menambah teman, anda juga dapat bertukar informasi baik informasi mengenai  traveling maupun informasi yang sifatnya personal. Anda pun akan menambah relasi dengan turis asing khusunya.

 

 7  Beli oleh - oleh pun murah

 

Setelah puas treveling di Jogja, kurang lengkap jika anda tidak membeli oleh – oleh khas kota ini. Tidak perlu bingung, tinggal datang saja ke Malioboro juga Pasar Beringharjo. Terdapat banyak penjual oleh – oleh khas baik berupa makanan maupun cinderamata dengan harga murah, dan akan lebih murah lagi jika anda pandai menawar. Tapi tetap waspada ya, awasi barang bawaan anda ketika sedang berbelanja. Karena pusat perbelanjaan di Jogja selalu ramai, jangan sampai saat sedang asik belanja barang bawaan anda malah hilang.