Tips Wisata

Ayo Ke Museum - Ayo ke Affandi



Ayo Ke Museum - Ayo ke Affandi

Spotunik.com - Males banget ya ke museum? Itu kalo museumnya biasa-biasa saja. Kalo Museum Affandi pasti lain ceritanya. Buat yang belum tahu siapa itu Affandi, Affandi adalah seorang maestro pelukis Indonesia kelahiran Cirebon 1907. Affandi dikenal sebagai pelukis abstrak atau ekspresionis. Museum Affandi berdiri di lahan seluas 3.500m2 yang terdiri dari tiga galeri dan satu studio. Selain lihat - lihat lukisan, kita juga bisa tahu sejarah tentang kehidupan Affandi di salah satu spot wisata di Jogja ini melalui pemandu wisata di Museum Affandi.

Setelah bayar retribusi pengunjung akan mendapatkan free soft drink atau ice cream. Kalau turis mancanegara, akan mendapatkan souvenir dan free soft drink. Kalau ingin foto-foto di dalam geleri, baik dengan kamera HP, kamera digital, SLR, juga action camera, kita harus menambah retribusi tiket kamera lagi. Setelah membayar retribusi tiket kamera kita baru bisa foto–foto sepuasnya. Terdapat beberapa spot foto unik di Museum Affandi ini yang bisa kita manfaatkan untuk berburu fotografi atau sekedar dokumentasi pribadi.

 

Baca juga: Melihat Pinguin Di Kebun Binatang Gembira Loka JogjaAyo ke Taman Pintar, Kita Tambah Pengetahuan

 

Pic: Makam Affandi dan Maryati

 

Spot unik lain di museum lukisan ini adalah makam Affandi dan istrinya, Maryati. Makamnya terletak di antara galeri pertama dan galeri kedua. Ini karena Affandi berwasiat ingin dimakamkan di rumah, diantara lukisan-lukisan dan keluarganya. Selain lukisan Affandi, di museum ini juga terdapat lukisan karya anak–anak Affandi dan cucunya, anyaman karya Maryati dan kamar tidur Affandi. Kalau mau lebih tau tentang Affandi, kita juga bisa menonton video tentang Affandi yang di buat tahun 1982.

 

Pic: Lukisan Anak-Anak Affandi

 

Pic: Lukisan Cucu Affandi dan Teman Studio Gajah Wong

 

Ingin Spot foto unik yang lain di museum ini? Naik saja ke tower yang ada, letaknya di belakang galeri tiga. Disini kita bisa lihat pemandangan sungai Gajah Wong, Museum Affandi dan Jalan Solo. Kalau kita ingin beli souvenir atau kenang–kenangan dari Museum Affandi, disini juga menjual kaos original desain dari Museum Affandi. Ada juga biografi Affandi dan souvenir lain seperti tas jinjing, tas ransel, dompet, baju, dan lain - lain. Ayo ke Museum!

 

Baca juga: Wisata Edukasi Yang Unik Di Taman Pintar Jogjakarta7 Wisata Museum Sejarah di Kota Jogjakarta