Tips Wisata

Snorkeling di Pantai Yogyakarta



Snorkeling di Pantai Yogyakarta

Spotunik.com - Berkunjung ke Yogyakarta rasanya belum lengkap jika tidak berkunjung dan menghabiskan waktu di pantai. Ya, kota gudeg ini memiliki destinasi pantai - pantai yang indah dan wajib untuk dikunjungi, tepatnya di kabupaten Gunungkidul. Keindahan pantai di Gunungkidul ini bahkan sudah terdengar sampai ke telinga turis mancanegara. Terdapat beberapa spot unik pantai Jogja yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Nglambor dan Pantai Sadranan. Selain pantainya yang indah kedua pantai ini juga terkenal dengan alam bawah lautnya yang mempesona.

Jika Anda bertujuan untuk berwisata snorkeling dan melihat keindahan alam bawah laut, Yogyakarta bisa jadi tujuan wisata anda tanpa harus pergi jauh ke luar pulau jawa. Salah satu yang bisa dikunjungi yaitu Pantai Nglambor. Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Lokasinya kurang lebih 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi pantai ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Akses jalan untuk menuju pantai ini pun terbilang bagus sehingga tidak akan begitu menyulitkan pengendara. Untuk menuju pantai ini, anda hanya tinggal mengikuti arah petunjuk ke Pantai Siung, lalu anda akan menjumpai papan nama Pantai Nglambor.

Pantai ini sudah dilengkapi faisilitas umum yang memadai, meskipun masih sedikit warung makan atau orang yang berjualan makanan dan juga tempat peristirahatan di sekitaran pantai, jadi lebih baik untuk membawa perbekalan sendiri sebelumnya. Selain itu, sebagai Spot Unik pantai yang terkenal dengan salah satu destinasi snorkeling di Yogyakarta, terdapat penyewaan alat snorkeling. Harganya dipatok sekitar Rp 50.000,00 untuk pakaian dan peralatan snorkeling yang lengkap. Jadi, Anda tak perlu repot membawa atau harus memiliki alat snorkeling sendiri. Jika ingin bersnorkeling di pantai ini, anda juga harus memperhatikan waktu berkunjung yang tepat. Snorkeling dapat dilakukan hanya pada saat ketika air laut tersebut sedang surut dan ombak yang tidak terlalu besar.

Selain Pantai Nglambor, Terdapat Spot Unik pantai Jogja lain yang terkenal dengan ikon wisata bawah laut atau snorkelingnya yaitu Pantai Sadranan. Pantai Sadranan terletak sekitar kurang lebih 50 meter dari jalan obyek wisata Pantai Slili. Meskipun jalan masuknya lumayan sempit namun berbagai fasilitas pendukungnya cukup lumayan. Di pantai ini tersedia lahan parkir yang cukup luas, puluhan gazebo tempat beristirahat yang sangat nyaman dengan pesona alamnya yang begitu indah, dengan hamparan pasir putih pantai yang berkilauan yang memanjakan mata khas Spot Unik Jogja. Dua bukit yang menjulang di sisi timur dan sisi barat menambah keindahan pada lukisan alam Pantai Sadranan ini.

Belum puas rasanya jika tidak melakukan skin diving atau menyelam dangkal untuk dapat menikmati ragam keindahan biota laut seperti terumbu karang dan berbagai jenis ikan serta binatang laut lain. Untuk menyewa alat snorkeling lengkap beserta petugas pemandunya hanya dengan biaya Rp 50.000 saja.  Kita dapat bersnorkeling selama dua jam menikmati semua keindahan biota laut di sepanjang Pantai Sadranan ini.

 

Baca juga: Pantai SadrananPantai NglamborSurfing Menantang Ombak Di Pantai Jogja

 

Setelah lelah bermain, anda bisa beristirahat sambil menikmati es degan atau es kelapa muda yang dijual di sekitaran pantai dengan berbagai varian rasa original, gula jawa, gula pasir, atau sirup. Jika masih belum puas atau merasa lapar, kita dapat menikmati olahan hasil laut di warung makan yang ada di sekitaran pantai. Makanan olahan hasil laut seperti ikan, cumi dapat disantap dengan nasi putih atau nasi merah hangat yang disajikan di atas bakul. Tidak lupa pula sambal bawang dan sambal kecap sebagai pelengkap sekaligus penyempurna hidangan santap siang anda. Selamat mencoba. .