Tips Wisata

Melihat Sungai Sri Gethuk Dari Spot Wisata Bukit Sri Panjung



Melihat Sungai Sri Gethuk Dari Spot Wisata Bukit Sri Panjung

Spotunik.com - Mungkin kamu sudah tidak asing dengan nama sungai Sri Gethuk. Sungai ini memang menjadi salah satu tempat liburan unik di Jogja yang sedang banyak pengunjungnya. Apalagi setelah digunakan untuk syuting sebuah film barat skyline beberapa waktu yang lalu. Semakin banyak orang yang ingin mengunjungi tempat ini. Tetapi saya tidak akan bercerita tentang sungai Sri Gethuk ini. Saya akan menceritakan sebuah tempat menikmati sungai Sri Gethuk dari sudut pandang yang berbeda. Beberapa waktu yang lalu terdapat sebuah tempat untuk melihat sungai Sri Gethuk dari sisi yang lain yaitu bukit Sri Panjung.

Wisata unik Yogyakarta bukit Sri Panjung ini terletak di Dusun Dodogan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlinggo, Bantul Yogyakarta. Nama Sri Panjung ini juga ada beberapa orang yang memberi nama Sri Tanjung. Mungkin karena Panjung dan Tanjung hampir sama. Nama ini diambil karena di bukit ini terdapat tiga sumber mata air yang salah satunya mengalir menjadi sungai Sri Gethuk. Dari bukit ini kamu bisa melihat sisi lain dari sungai Sri Gethuk.

Untuk menuju ke spot wisata Yogyakarta ini, anda bisa menuju ke arah Patuk. Hampir sama dengan jalan untuk menuju ke kawasan Watu Ambem. Nanti ikuti petunjuk sampai bertemu dengan pasar Dlinggo. Sekitar 10 sampai 15 menit kamu akan melihat plang menuju ke bukit Sri Panjung ini. Kawasan ini termasuk kedalam hutan lindung Bantul. Disini sudah terdapat fasilitas yang cukup bagus. Sudah ada parkiran, gardu pandang, gazebo untuk bersantai dan masih banyak lainnya. Nanti akan jalan setapak yang sudah di cor untuk melihat kebagian bawah bukit.

 

Baca juga: Keelokan Air Terjun Pantai Jogan Dengan Hamparan Air Laut Yang Biru

 

Nanti kamu akan melihat pemadangan Sungai Oyo yang di apit oleh dua tebing. Seperti membentuk huruf S. Jika turun semakin kebawah kamu juga akan melihat Goa Trondol. Jika turun sampai kebawah kamu akan melihat Sungai Oyo secara jelas. Di tempat tersebut juga terdapat spot unik untuk melihat keindahan Sri Gethuk dari sisi lain. Tetapi sayangnya tempatnya masih banyak semak-semak. Jadi sulit untuk dilewati. Dari atas pun pemandangan sungai Sri Gethuk tidak kalah menarik. Jangan lupa untuk mengabadikannya lewat foto-foto yang bagus.