Tips Wisata

Cerita Unik Di Balik Mitos Alun-Alun Kidul Jogja



Cerita Unik Di Balik Mitos Alun-Alun Kidul Jogja

Spotunik.com - Wisata Jogja memang sangat banyak sekali. Jogja menjadi salah satu kota wisata yang saat ini sedang banyak diminati. Hampir setiap bulannya ada banyak wisatawan local maupun dari luar negeri yang datang ke kota pelajar ini. Ketika mengunjungi Kota Jogja belum lengkap namanya jika tidak mengunjungi Alun-alun Kidul. Tempat yang menjadi pusat dari Kota Jogja ini memang menyimpan banyak sekali cerita dan keistimewaan. Dalam sebuah kerajaan akan ada dua alun-alun yaitu Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan. Di Jogja maupun di Solo juga mempunyai dua alun-alun tersebut.

Menurut tata arsitektur Jawa, sebuah alun-alun harus mempunyai 4 elemen. Pertama Keraton, Alun-alun, Masjid dan Pasar. Inilah yang dapat di lihat di Keraton Jogja. Keempat elemen tersebut menjadi sebuah satu kesatuan. Ada banyak cerita dari spot wisata Yogyakarta ini. Pertama daerah Alun-alun Kidul ini dulunya adalah halaman belakang Keraton. Supaya tidak membelakangi pantai Laut Selatan yang didiami oleh Ratu Kidul. Dibuatlah taman yang berbentuk Alun-alun tersebut. Mitos yang kedua jika kamu bisa berjalan lurus melewati dua pohon beringin, maka semua permintaan akan terkabul.

 

Baca juga: Taman Pelangi, Taman Lampion Cantik Di Malam HariMalam Hari di Jogja

 

Permainan melewati dua pohon beringin ini dinamakan masangin atau masuk dua beringin. Mata harus dalam keadaan tertutup. Mungkin ketika mendengar hal itu sangatlah mudah. Tetapi ketika mencobanya sangat sulit. Banyak orang yang tidak berhasil melewati dua beringin tersebut. Selain bermain permainan masingin ini. Kamu juga bisa menikmati aneka kuliner yang dijajakan di sekitar wisata unik alun-alun Jogja ini. Ada banyak jajanan khas yang dijajakan.

Terutama pada malam hari, akan lebih banyak jajanan yang bisa kamu coba. Disini juga ada banyak permainan. Seperti odong-odong dengan lampu kerlap-kerlip. Kamu hanya perlu membayar 15 ribu rupiah untuk satu putaran. Jadi ketika liburan asik di Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi Alun-alun Kidul. Cobalah bakso bakar, wedang bajigur dan makanan enak lainnya. Dimalam minggu tempat ini akan full dengan pengunjung. Jadi datanglah di hari biasa saja.

Deskripsi: Wisata unik di Jogja yang harus dikunjungi adalah Alun-alun Kidul dan cobalah untuk melewati dua beringin.

 

Baca juga: Menelusuri Kali Code Jogja Dari Sisi Yang BerbedaHal Yang Paling Dikangenin Dari Kota Jogja