Tips Wisata

10 Makanan Tradisional Khas Jogja



10 Makanan Tradisional Khas Jogja

Spotunik.com - Jogja memang surga bagi para pecinta kuliner. Ya, Jogja memang terkenal dengan wisata kulinernya juga jajanan tradisional yang sayang jika tidak anda eksplor satu persatu. Kali ini Spot Unik Jogja akan membahas jajanan tradisional khas Jogja yang beberapa makanan keberadaannya sudah semakin langka. Meski demikian sebagian masih sangat eksis menjadi camilan dan oleh - oleh andalan bagi para wisatawan yang sedang berkunjung.

 

 1  Tiwul

 

Makanan asli dari daerah Gunung Kidul ini masih begitu eksis keberadaannya hingga sekarang. Berbagai inovasi dikembangkan untuk menambah daya tarik. Kemasannya juga telah banyak berinovasi namun Spot Unik Jogja lebih tertarik dengan yang original, dan ternyata yang original memang banyak diburu terutama bagi para wisatawan. Makanan berbahan dasar singkong ini dulu digunakan oleh masyarakat sebagai makanan pokok pengganti nasi. Tapi untuk saat ini thiwul lebih sering dikonsumsi sebagai camilan atau makanan ringan juga oleh – oleh khas dari Jogja khususnya Kabupaten Gunung Kidul.

 

 2  Gatot

 

Gatot pada dasarnya sama dengan thiwul, berbahan dasar singkong yang sebelumnya diolah menjadi geplek terlebih dahulu. Selain itu gatot juga termasuk salah satu makanan khas dari Gunungkidul. Secara tampilan Spot Unik Jogja terheran ketika pertama kali melihatnya, mungkin juga sebagian orang akan terheran dengan warnanya yang gelap dan pekat, namun setelah memakannya anda akan lupa dengan tampilannya karena rasanya yang sangat enak. Bahkan orang beranggapan jika warnanya semakin hitam maka rasanya akan semakin lezat.

 

 3  Jadah

 

Jadah merupakan makanan yang terbuat dari olahan beras ketan dengan parutan kelapa dan juga bumbu garam. Setelah dimasak olahan tadi kemudian ditumbuk hingga halus dan kemudian dipotong – potong untuk dihidangkan. Makanan khas dari daerah Sleman ini paling cocok jika dimakan bersama tempe bacem. Kuliner ini begitu populer di daerah wisata kaliurang, Spot Unik Jogja pun tidak begitu kesulitan ketika berburu camilan ini. Konon makanan ini membuat Sri Sultan Hamengkubuwono IX begitu ketagihan saat mencicipinya.

 

 4  Geblek

 

Geblak ini emiliki warna begitu mencolok dengan warna yang putih bersih. Rasanya juga khas karena kadang berbau menyengat dan alot sehingga memberikan sensasi berbeda ketika Spot Unik Jogja mencobanya. Camilan khas daerah Kulon Progo ini berbahan dasar tepung tapioka dengan racikan bumbu bawang yang membuat rasanya begitu gurih dan nikmat.

 

Baca juga: Mbelinger Store - Berburu Merchandise Ala JawaTips Nawar Harga Di Pasar BeringharjoKeunikean Kuliner Sate Kere Pasar Beringharjo, Apa Rahasianya?

 

 5  Tempe Benguk

 

Berbeda dengan tempe pada umumnya yang terbuat dari kacang kedelai tempe benguk ini berbahan dasar kacang koro, biasanya dinikmati bersama dengan geblek. Rasa khas dari tempe benguk ini yaitu rasanya yang gurih karena dimasak dengan bumbu santan. Benguk ini juga dahulu dijadikan sebagai panganan pengganti ketika hasil panen kurang baik. Spot Unik Jogja mencari benguk ini di pasar tradisional karena memang keberadaanya yang tidak begitu eksis dan biasanya si penjualnya ini adalah simbah - simbah yang merupakan pembuatnya sendiri.

 

 6  Cenil

 

Karena tekstur dan tampilannya yg menarik Spot Unik Jogja pun tidak menyangka kalau makanan ini terbuat dari ketela. Ya, makanan ini berbahan dasar sari pati dari ketela pohon. Cenil ini biasanya ditaburi parutan kelapa dan gula sehingga menambah cita rasa gurih. Karena warnanya yang menarik dan rasanya yang manis makanan ini begitu digemari oleh anak - anak.

 

 7  Kipo

 

Makanan khas daerah Kotagede ini begitu nikmat terutama ketika disantap dalam keadaan masih panas. Kipo berbahan dasar tepung beras yang diberi gula jawa sebagai isinya. Namun jika ingin menambah rasa yang semakin enak Spot Unik Jogja menyarankan untuk menambahkan daun pandan dan daun suji untuk olahannya, kemudian dibungkus dengan daun pisang untuk penyajiannya.

 

 8  Bakpia

 

Bakpia merupakan salah satu camilan khas yang paling populer dan ikon oleh – oleh di Jogja. Hal ini dikarenakan sentra industri pembuat bakpia yang begitu dominan dibanding camilan khas lain. Tak lepas pula keberadaan Kampung Patuk di daerah Malioboro sebagai kampung sentra industri bakpia yang pernah Spot Unik Jogja kunjungi. Kini bakpia tidak hanya rasa kacang hijau saja karena berbagai macam aneka rasa seperti cokelat, keju dan berbagai varian rasa lain sudah tersedia sebagai alternatif.

 

 9  Geplak

 

Makanan khas asli Bantul ini rasanya sangat manis dan memiliki warna yang menarik. Makanan ini terbuat dari kelapa yang diparut kasar dengan campuran bahan gula Jawa. Tidak begitu sulit ketika Spot Unik Jogja mencari geplak ini, karena keberadaannya banyak dijual di toko sentra oleh - oleh khas Yogyakarta.

 

 10  Yangko

 

Makanan olahan tepung ketan ini memiliki rasa yang manis dan warnanya yang sangat menarik. Terlebih yangko yang berwarna - warni ini setelah dipotong kecil kemudian dibungkus menggunakan kertas minyak putih transparan sehingga tampilannya begitu menarik. Rasa yangko ini sedikit mirip dengan moci kue yang berasal dari Jepang. Mungkin karena cita rasa dari kacang dan tekstur kenyalnya yang membuatnya agak mirip.