Tips Wisata

Melihat Cahaya Surga Di Goa Jomblang Gunung Kidul



Melihat Cahaya Surga Di Goa Jomblang Gunung Kidul

Spotunik.com - Di Yogyakarta tak hanya ada wisata pantai atau air terjun saja. Tetapi di Yogyakarta juga terdapat wisata Jogja goa. Ada banyak sekali goa di Jogja, mungkin ada ratusan goa. Itu pun masih banyak yang belum diketahui banyak orang. Salah satu goa yang begitu fenomenal dan wajib untuk dikunjungi adalah Goa Jomblang. Goa yang berbentuk vertical ini memang sedang menarik banyak wisatawan karena keunikannya. Goa ini terletak di perbukitan karts pesisir selatan. Goa ini memanjang dari Gombong Jawa Tengah sampai kawasan karst pegunungan Sewu Pacitan Jawa Tengah.

Goa Jomblang terjadi karena amblesnya tanah dari proses vegetasi. Tempat wisata unik Yogyakarta ini juga pernah dijadikan tempat syuting Amazing Raze Amerika pada tahun 2011. Luas mulut Goa Jomblang ini kurang lebih 50 meter persegi. Jadi memang ukuran goa ini sangat luas sekali. Untuk datang kesini kamu tidak boleh sendirian. Kamu harus ditemani ahli caving profesional. Biasanya jika kamu sudah sampai ketempat ini, ada banyak sekali jasa yang akan menyewakan alat caving buat anda.

Untuk turun kebawah Goa Jomblang harus menggunakan tali tunggal. Kamu harus mendengarkan pemandu dengan benar. Ada banyak alat yang harus di pasang. Pemandu akan memasangkan alat SRT dengan lengkap. Ada banyak alat SRT yang digunakan. Itu juga termasuk sepatu boot, headlamp, helm dan lain sebagainya. Ada banyak lintasan yang digunakan untuk menuruni spot wisata Yogyakarta ini. Ada yang berkedalaman 40 meter dan ada yang 80 meter. Biasanya untuk pemula menggunakan lintasan yang tidak begitu dalam.

15 meter pertama kamu akan turun dengan berpijak pada bebatuan. Kemudian 20 meter selanjutnya di lanjutkan dengan turun melayang sampai ke lantai goa. Datanglah ketika siang hari, sekitar jam 10 sampai jam 12 siang, cahaya matahari akan masuk ke dalam lubang goa. Ini akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Terkadang jika beruntung kamu bisa melihat pelangi yang masuk ke dalam Goa Jomblang ini. Tak hanya tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto wisata Yogyakarta yang sangat terkenal. Harga tiket masuk Goa Jomblang kurang lebih sebesar 450 ribu rupiah sudah termasuk sewa alat SRT.