Tips Wisata

Uji Adrenalin Kereta Gantung Di Pantai Timang Gunungkidul



Uji Adrenalin Kereta Gantung Di Pantai Timang Gunungkidul

Spotunik.com - Jogja menjadi kota yang penuh dengan tempat wisata menarik. Salah satunya adalah wisata pantai. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak begitu mengenal Jogja, hanya kenal dengan Pantai Parangtritis saja. Pantai Parangtritis memang menjadi pantai yang paling terkenal di Jogja. Tetapi sebenarnya ada banyak wisata pantai yang menarik di Yogyakarta ini. Pantai-pantai indah itu berada di daerah Gunungkidul. Ada banyak sekali spot wisata unik menarik di Gunungkidul. Salah satunya adalah Pantai Timang. Pantai Timang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya di Gunungkidul. Pantai yang masih sangat alami ini memang wajib untuk dikunjungi. 

Wisata Unik Di Pantai Timang

Wisata unik Yogyakarta Pantai Timang ini terletak di Dukuh Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul Yogyakarta. Untuk menuju ke Pantai Timang kurang lebih membutuhkan waktu 3 jam dari kota Jogja. Kalian harus menempuh jarak sekitar 35 km dari pusat kota Wonosari. Jadi dari kota Jogja, kalian langsung menuju ke kota Wonosari. Dari Wonosari ambil arah menuju Pantai Baron, lanjut ke arah Pantai Siung, melewati Pasar Dakbong. Nanti kalian akan menemukan jalan bebatuan, dari situlah kamu bisa sampai ke Pantai Timang. Untuk sampai ke Pantai Timang sendiri memang jalannya belum begitu bagus. Inilah yang membuat pantai ini tetap alami.

Sebenarnya Pantai Timang ini dibagi menjadi dua bagian. Sisi timur merupakan pantai pasir putih seperti pantai di Gunungkidul pada umumnya. Sedangkan di sebelah barat merupakan pantai dengan bukit bebatuan dan berbatasan langsung dengan laut. Spot wisata Yogyakarta inilah yang banyak dicari oleh para wisatawan. Di bagian yang bebatuan ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Kamu bisa melihat Pulau Pajang dan bisa ke Pulau Pajang dengan menggunakan kereta gantung. Inilah yang menjadi daya tarik dari Pantai Timang Gunungkidul.

Kereta gantung ini memang masih dibuat dengan peralatan dan sistem yang tradisional. Menariknya pun masih dengan menggunakan tali manual. Kereta gantung ini terbuat dari kayu yang ditarik dengan tali tambang. Nantinya kereta gantung ini akan ditarik oleh penjaga yang mengawasi Pantai Timang. Jarak luncurnya kurang lebih sekitar 50 sampai 100 meter. Anda harus menyeberangi laut dengan ombak yang besar. Tetapi inilah yang menjadi daya tarik dari spot unik Pantai Timang ini. Jadi jika anda mengunjungi Gunungkidul jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini.