Tips Wisata

Melihat Sisa Keganasan Gunung Merapi Di Kali Adem



Melihat Sisa Keganasan Gunung Merapi Di Kali Adem

Spotunik.com - Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia. Gunung yang tinggi menjulang ini memang memiliki keindahan yang memukau. Beberapa tahun yang lalu gunung ini meletus dengan hebatnya, sampai menewaskan Mbah Marijan sang Juru Kunci Gunung Merapi. Bekas-bekas dari letusan tersebut saat ini dijadikan tempat wisata unik Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi. Wisata ini terletak di daerah Kali Adem dan lebih dikenal dengan Merapi Lava Tour. Kamu akan diajak melihat bekas keganasan letusan Gunung Merapi dan melihat rumah Mbah Marijan yang sudah tertutupi oleh abu vulkanik.

Merapi Lava Tour menjadi paket wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan, dan bisa menjadi liburan seru. Untuk mengunjungi tempat ini harus menggunakan jeep yang disewakan oleh masyarakat sekitar lereng Gunung Merapi. Kamu akan diajak berkeliling Kaliurang, Kali Kuning, dan Bunker Kali Adem. Selama perjalan akan menjadi pertualangan yang menantang dan mengasyikan. Kamu akan melihat sisa-sisa bekas keganasan erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 yang lalu. 

Selain itu kamu juga bisa melihat kegagahan Gunung Merapi dari jarak dekat. Dulunya daerah Kali Adem merupakan daerah perkemahan. Ada Gardu Pandang, warung makan dan masih banyak lainnya. Tetapi setelah letusan Gunung Merapi daerah tersebut menjadi padang abu vulkanik yang sangat luas. Sekarang sudah banyak tumbuhan-tumbuhan paku yang mulai tumbuh disekitar Kali Adem. Tempat ini bisa menjadi spot foto wisata Yogyakarta yang keren. Jika ingin melihat pemandangan yang berbeda, datanglah pada pagi hari. Kamu bisa melihat keindahan sunrise dari Gunung Merapi.

Kamu juga bisa masuk ke dalam Bunker Kali Adem yang dulu pernah menewaskan dua relawan. Ketika itu mereka ingin menyelamatkan diri, tetapi karena suhu panas yang terlalu tinggi membuat mereka tidak bisa bertahan. Saat ini Bunker tersebut sudah dicat ulang dan menjadi tempat wisata unik Yogyakarta. Jika kamu datang pada malam hari, kamu bisa melihat lelehan lava pijar yang turun dari kubah Gunung Merapi. Jadi jika mengunjungi Kota Jogja jangan lupa untuk eksplor dengan Tour Lava Merapi.