Tips Wisata

Menjamah Keindahan Pantai Krakal di Gunung Kidul



Menjamah Keindahan Pantai Krakal di Gunung Kidul

Spotunik.com - Indonesia dengan 17.504 pulaunya memegang rekor negara dengan garis pantai terpanjang di dunia versi Guinnes Book of World Record. Garis Pantai Krakal yang landai dan bertabur dengan pasir putih serta memiliki hempasan ombak yang jernih. Batu karang juga turut serta menghiasi sebagian besar dari bibir pantai, menjadi rumah bagi banyaknya ikan-ikan karang yang berwarna-warni. Sebagai wisatawan Indonesia rasanya kurang afdol kalau kita tidak berkunjung dan menjamah keindahan Pantai Krakal di Gunungkidul tersebut.

Pantai Krakal adalah kawasan Pantai yang menawarkan keindahan pemandangan alam dan batu karang yang terhampar sepanjang pantai. Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Krakal untuk menyaksikan keindahan pantai dan juga mencari berbagai macam ikan laut.

Dibandingkan Pantai Kukup dan Pantai Baron, lokasi Pantai Krakal terletak paling jauh. Semua pantai tersebut Terletak di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul Yogyakarta. Saat memasuki area Pantai Krakal, tampak area parkir yang penuh dengan berbagai kendaraan mulai dari sepeda motor, kendaraan pribadi dan bus pariwisata.

Pantai Krakal termasuk dalam salah satu deretan pantai-pantai indah di laut selatan kabupaten Gunungkidul yang memiliki beberapa spotunik yang menarik tersebunyi dan menantang. Pantai Krakal ini sudah lama terkenal sebagai salah satu kawasan pantai yang berada di ujung selatan Jogja dan mempunyai keindahan luar biasa. 

Jika di beberapa pantai kita bisa bermain air, berbeda dengan Pantai Krakal. Tak banyak yang bermain-main dengan air laut, karena jika tidak hati-hati, Batu karang yang keras justru bisa melukai kaki. Para nelayan biasa mengenakan sepatu yang terbuat dari ban luar kendaraan, sehingga mereka leluasa untuk berjalan di hamparan karang sepanjang Pantai Krakal.

Selain memiliki kecantikan alam yang eksotis dan indah, Pantai Krakal juga menyembunyikan ombak yang cocok untuk bermain selancar. Jika Anda memiliki nyali yang begitu besar, cobalah menyongsong ombak yang bertipe reef dan cukup menantang di Pantai Krakal. Namun harus tetap hati-hati yaa..

Nah jika Anda ingin berjalan-jalan jangan lupa menggunakan alas kaki karena batu-batu kadang disini sangat tajam. Beberapa nelayan yang sedang melintas, mereka sedang mencari tempat yang cukup strategis untuk melemparkan joran pancing. Yang lainnya sedang asyik menyelam di laut yang dangkal untuk mencari umbal, semacam hewan laut kecil yang hidupnya menempel pada batu-batuan. Umbal ini kemudian akan diolah menjadi rempeyek yang gurih oleh warga setempat.

Di sore hari, dari bawah pepohonan ini, Anda dapat menikmati cantiknya matahari terbenam di ufuk Samudra Hindia. Sambil menatap hamparan laut yang terpampang di depan mata, sungguh keindahannya ini adalah Sebuah karya dari Sang Pencipta.