Tips Wisata

Inilah 9 Spot Menarik Untuk Menikmati Sunset di Jogja



Inilah 9 Spot Menarik Untuk Menikmati Sunset  di Jogja

Spotunik.com - Sunset, sebuah kata yang menggambarkan fenomena keindahan alam akan lukisan Tuhan. Bagi pecinta fotografi, sunset juga merupakan momen yang selalu di tunggu-tunggu, selain itu tak heran jika banyak sekali traveler yang rela berburu fenomena alam ini ke berbagai sudut penjuru dunia untuk mendapatkan spot sunset terbaik. Bagi Anda yang ingin traveler sekaligus menghasilkan foto yang menakjubkan. Berikut 9 spot menarik untuk menikmati sunset di Jogja yang telah dirangkum oleh Spot Unik.

 

 1  Puncak Becici

 

Siapa yang tidak kenal dengan bukit yang satu ini? Bukit Becici terletak di daerah Dlingo, Bantul. Puncak Becici saat ini menjadi salah satu wisata hits anak muda Jogja. Selain berada di bukit, di sana juga tersedia gardu pohon yang dapat dipanjat untuk lebih puas menikmati sunset. Gardu pohon yang menghadap ke arah barat tersebut benar-benar lokasi yang pas bagi Anda yang ingin membidikkan kamera saat sang surya mulai terbenam.

 

 2  Watu Lumbung

 

Bukit Watu Lumbung di utara Pantai Parangtritis tak hanya menyuguhkan keindahan panorama pesisir selatan Jogja dari ketinggian. Tempat ini memang menjadi salah satu lokasi yang akhir - akhir ini sedang hits banget di kalangan anak muda. Watu lumbung menawarkan wisata kafe di perbukitan dengan suasana sunset. Banyak anak muda yang asyik menikmati kopi di kafe sambil menunggu matahari terbenam setiap sore.

Menuju ke destinasi wisata Watu Lumbung

 

 3  Kebun Buah Mangunan

Jogja memiliki berbagai jenis objek wisata yang menarik untuk dikunjungi dan salah satunya adalah Wisata Kebun Buah Mangunan Imogiri, Bantul. Walaupun terkenal dengan sunrise-nya, sunset di Kebun Buah Mangunan tidak bisa diabaikan begitu saja. Memandang matahari terbenam di gardu pandang dengan pemandangan Sungai Oyo yang membelah Pegunungan Seribu benar - benar menakjubkan.

 

 4  Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir merupakan fenomena alam yang langka dan jarang ditemui di daerah tropis di sepanjang pantai selatan. Salah satu fenomena kepesisiran yang menakjubkan di Indonesia adalah keberadaan Gumuk Pasir di Pesisir selatan Yogyakarta, tepatnya di Parangkusumo. Hamparan pasir yang luas, dipadu dengan pemandangan indah sunset bakal membuatmu tergoda untuk membuat foto siluet di tengah hamparan pasir. Tertarik berburu sunset disana?

 

 5  Pantai Kesirat

Satu lagi pantai tersembunyi yang terletak di Gunungkidul yaitu pantai kesirat. Selain surga wisata tersembunyi dan populer di kalangan pemancing, Pantai Kesirat juga merupakan tempat yang disakralkan oleh penduduk setempat. Setahun sekali dilaksanakan ngalap berkah atau brubuh-brubuh di Pantai Kesirat. Lokasi Pantai Kesirat di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Meski tidak kita jumpai pasir atau gazebo pantai kesirat ini merupakan sebuah tebing yang berbatasan langsung dengan laut. Dengan adanya pohon miring yang memang menjadi lokasi favorit membidik sunset.

Menuju ke destinasi wisata Pantai Kesirat 

 

 6  Puncak Kosakora

Jika Anda ingin menikmati semesta yang menyuguhkan senja di atas bukit sambil menikmati hijaunya pemandangan? bukit kosakora lah tempatnya. Puncak Kosakora terletak di Kabupaten Gunungkidul ini menawarkan pemandangan yang berbeda yang mungkin belum pernah anda temui atau rasakan sebelumnya.

 

Baca juga: 7 Candi Dengan Panorama Indah Di JogjaLokasi Prewedding Paling Hits Di JogjaMelihat Sisi Lain Pantai Parangtritis Dari Bukit ParangendogParangtritis, Pantai Cantik Yang Romantis

 

 7  Bukit Parang Endog

Bukit yang terletak di dekat Pantai Parangtritis ini sebenarnya adalah landasan take off olahraga paralayang. Namun saat tidak ada event maka tempat ini banyak didatangi oleh anak muda yang ingin mengabadikan matahari terbenam di atas Pantai Parangtritis. Sebuah pemandangan senja Pantai selatan yang terangkum sempurna. Perpaduan antara sunset diiringi dengan deburan ombak laut selatan menimbulkan kesan magis yang nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

 

 8  Candi Ratu Boko

Jika Anda pernah mengunjungi Candi Ratu Boko, istana megah yang dibangun pada abad ke-8 ini menyembunyikan banyak pesona yang indah. Reruntuhan bekas bangunan kerajaan ini seakan bangkit kembali dan bermetamorfosis dengan pantulan cahaya yang tampak berwarna jingga ditambah dengan suasana yang sepi, menambah nuansa romantis. Berada pada reruntuhan-reruntuhan candi dan melihat pantulan cahaya matahari dari balik gapura adalah puncak dari penantian sunset yang terbaik.

 

 9  Embung Nglanggeran

Sebuah pemandangan senja yang mempesona serta bukit dan lembah yang membingkai embung di kak Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung atau danau buatan ini terletak di perbukitan Nglanggeran, Gunung Kidul. Letaknya yang berada di dataran tinggi, sangat cocok dijadikan tempat berburu sunset. Pemandangan matahari yang mulai turun dari singgasananya serta pantulan cahaya yang berkilau di atas permukaan air danau bakal menciptakan suasana romantis tersendiri.

 

Baca juga: Sunset Cantik Di Pantai DepokBerburu Matahari Senja Di Puncak Gunung IrengMenikmati Keindahan Langit Senja Di Puncak Becici JogjaCandi Ratu Boko Dengan Keindahan Langit Senjanya