Tips Wisata

Hatiku Berlabuh Di Pantai Sadeng



Hatiku Berlabuh Di Pantai Sadeng
"Meski tak menawarkan sejuta pesona karang yang megah, serta panorama lautan yang lepas. Namun Hiruk Pikuk para nelayan selalu terlihat, dan disinilah surga para pencari ikan berada".

 

Pantai Sadeng merupakan Objek wisata lokal yang sudah menjadi kebanggan dari masyarakat Gunungkidul. Pantai Sadeng terbentuk dari proses alam yang membutuhkan waktu cukup panjang. Tidak hanya sekedar tempat wisata, Pantai ini juga menjadi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang sudah bertaraf nasional dan menjadi penunjang untuk pengembangan perikanan laut yang terbesar di Propinsi Yogyakarta. 

Walaupun tidak terlalu luas, namun pantai ini tetap menawarkan sajian yang unik dan menarik. Terlebih pantai tersebut berasal seolah-olah sebuah pantai pribadi yang tenang dikelilingi perbukitan dan semak belukar yang menghijau.

Pantai Sadeng sejak dahulu sudah dikenal sebagai tempat nelayan. Jadi pelabuhan ini juga dibangun untuk mempermudah nelayan dalam bongkar muat hasil tangkapan ikan. Selain itu, di sini juga terdapat tempat pelelangan ikan atau TPI.

Selain berwisata tentu Anda juga dapat melihat aktifitas nelayan di Pantai Sadeng, seperti mengangkut ikan dari perahu menuju tempat pelelangan, menggiling es batu untuk dimasukkan ke dalam kotak ikan sebelum didistribusikan ke tempat lain, dan membersihkan perahu.Tak hanya itu, karena Anda juga bisa menikmati masakan ikan laut atau bahkan membawa ikan laut segar untuk oleh-oleh dengan harga yang relatif terjangkau.

Meski pelabuhan Sadeng terkenal dengan ikan tuna-nya. Namun tak jarang para nelayan mendapatkan kepiting, cakalang, kakap, kerapu, cumi, dan sekarang ini musim ikan layur. Ikan-ikan yang telah didapatkan oleh para nelayan tersebut dibawa ke tempat pelelangan ikan dan kemudian akan dibedakan berdasarkan jenis dan ukurannya, sehingga mudah saat lelang dan ikan yang cacat akan dibedakan harganya.

Melimpahnya hasil panen ikan dari nelayan-nelayan Pantai Sadeng merupakan sebuah gambaran akan betapa kayanya lautan Indonesia. PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) bertaraf nasional ini sangat membanggakan bagi daerah Gunungkidul. Banyak ikan yang didapat dari pantai sadeng dikirim keluar kota karena permintaan konsumen yang begitu banyak.

Baca juga : Pantai Indrayanti Tinggal KenanganNyenyuwun di Pantai Siung7 Candi Dengan Panorama Indah Di JogjaInilah 9 Spot Menarik Untuk Menikmati Sunset di Jogja

Biasanya para nelayan berangkat sore hari untuk menangkap ikan dan pulang pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB. Banyak pengepul yang siap menunggu kedatangan para nelayan itu.

Nah sobat spotunik, jika main ke Gunungkidul jangan lupa mampir ke Pantai Sadeng ya. Karena selain pantainya indah dan ikan nya juga melimpah juga bisa membawa ikan laut segar dengan harga yang terjangkau disini.