Tips Wisata

Adakah Yang Lebih Tua Dari Manusia Purba di Yogyakarta?



 Adakah Yang Lebih Tua Dari Manusia Purba di Yogyakarta?

"Dipercaya Karena memiliki tuah oleh masyarakat, pohon terminalia edulis ini telah hidup beratus bahkan ribuan tahun. Bahkan hingga saat ini pohon itu masih berdiri dengan kokoh. 

 

Di temukannya beberapa fosil tulang belulang manusia dan beberapa artefak batu di Goa Rancang Kencono serta artefak batu yang ditemukan berbentuk arca macan dan arca nandhi (sapi), diperkirakan telah berumur 3000 tahun.  

Melewati medan dengan jalan yang beragam selalu menimbulkan rasa penasaran untuk segera sampai pada tujuan.Mulai dari jalanan yang mulus sampai jalanan yang beraspal halus, dengan bongkahan kerikil yang ditata rapi, hingga jalanan setapak menjadi teman perjalanan menuju gua yang memiliki sejarah panjang ini.

Goa Rancang Kencono selain memiliki stalakit yang cukup indah, juga menyimpan cerita sejarah yang cukup menarik untuk disimak. Tak heran jika goa ini dijadikan sebagai wisata alam yang berbasis pendidikan. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, menyatakan bahwa Goa Rancang Kencono merupakan gua purba yang terletak sejajar dengan Goa Braholo yang terdapat di Rongkop.

Berada di Dukuh Menggoran, Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul, sekitar 40 km dari pusat Kota Jogjakarta terdapat Gua Rancang Kencana. Untuk menuju kesana medan jalannya terus menanjak dengan banyak jurang di kanan kiri jalan.

Pada mulut goa atau pintu masuk berdiri sebuah pohon klumpit kokoh tinggi menjulang, jika dilihat dari dalam pohon akan terlihat seolah menembus langit-langit goa. Melalui anak tangga menurun pengunjung bisa memasuki area goa yang luas dan terbagi menjadi beberapa bagian. Lokasi Goa Rancang Kencono tidak jauh dari wisata Air Terjun Sri Gethuk karena keduanya berada di kawasan Desa Wisata Bleberan.

Melihat dari bentuk dan besarnya ukuran pohon klumpit (Terminalia Edulis) dengan bentuk akarnya yang sangat kokoh itu, tentu usia tanaman itu sudah ratusan tahun. 

Saat ini sudah jarang sekali bisa kita temukan pohon klumpit, terlebih jika kita tinggal di perkotaan. Nah pohon klumpit di Gua Rancang Kencana ini merupakan satu-satunya yang masih tersisa dan bisa kita lihat keberadaannya. Ciri-ciri pohon klupit antara lain: pohonnya tinggi besar, banyak terdapat dihutan jati.

Baca juga : Hatiku Berlabuh Di Pantai SadengPesona Air Terjun Sri Gethuk Penuh PikatSenja Berjalan Santai Meninggalkan Sore Embung Nglanggeran

Masyarakat percaya bahwa dalam pohon klumpit tersebut, kayunya ini dipercaya bertuah serta memudahkan permohonan yang bersifat duniawi.  

 

"Pohon adalah tempat bersandar manusia,  penjaga keselarasan alam
inti dari sumber hidup yaitu Oksigen
dan sebagai penampung kantong air tanah"

 

Terlepas benar atau tidaknya penjelasan tersebut, Goa Rancang Kencono memang merupakan goa unik yang patut kita jaga dan kita lestarikan keberadaannya. Sayangnya tangan-tangan jahil lebih dulu mengotori goa ini dengan berbagai coretan-coretan  yang tak berarti namun sangat mengurangi nilai historis dan keindahan goa itu sendiri.