Tips Wisata

Pelataran Panca Arga



Pelataran Panca Arga

"Karena letaknya di dataran tinggi, Pelataran Panca Arga layak di gunakan untuk memandang 
kemegahan lima gunung di tanah Jawa yang hanya ada di Indonesia".

Pelataran Panca Arga merupakan dataran tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pass. Lokasi di mana kita bisa melihat lima gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Slamet di Indonesia, khususnya tanah Jawa secara langsung apabila cuaca mendukung atau tidak berselimut kabut.

Pelataran Panca Arga sendiri berupa pelataran melingkar yang berada di puncak tertinggi kawasan wisata Ketep Pass yang berlokasi di Jalana Blabak - Boyolali km 16 Sawangan Kabupaten Magelang.

Meski rute jalannya cukup menanjak dan berkelok-kelok, akan tetapi jalan yang cukup lebar dan beraspal halus membuat Pelataran Panca Arga yang berada di Ketep Pass ini menjadi obyek wisata yang mudah dikunjungi baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kalau dari Jogja - KPelataran Panca Arga sendiri kira-kira berjarak sekitar 40-an km. Gak jauh sih, tapi juga tidak dekat. Lumayan lah kalau buat berpetualang sambil menikmati alam dan jalanan yang berkelok-kelok.

Karena seringnya terdapat kabut yang menganggu penglihatan ketika kita memandang dengan mata telanjang, maka kita bisa memanfaatkan teropong pengamatan yang telah disediakan hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp 3000 untuk membeli koin.

Selain kelima gunung besar tersebut, jika langit sedang cerah, kita juga bisa menikmati perbukitan indah lainnya semisal Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Bukit Menoreh, Bukit Telomoyo, dan lainnya.

Di sekitar Pelataran Panca Arga juga terdapat sitting - group yang dapat dimanfaatkan untuk berisitirahat sambil menikmati pemandangan sekitar serta cuaca yang sejuk.

Kalau ke Jogja, silahkan agendakan kunjungan anda menuju ke Pelataran Panca Arga di Ketep Pass yang eksotis. Pandanglah kemegahan lima gunung di tanah Jawa yang hanya ada di Indonesia. 

Selamat Berpetualang :D