Tips Wisata

7 Wisata Museum Sejarah di Kota Jogjakarta



7 Wisata Museum Sejarah di Kota Jogjakarta

Spotunik.com - Bagi para bacpacker dan traveller, tentu saja kota Jogja merupakan salah satu tujuan wisata mereka karena kota yang terkenal dengan keramahan penduduknya ini memang tidak salah dan layak untuk di jejaki. Magnet wisatanya pun tak bisa dihindarkan. Seperti tidak ada habisnya Yogyakarta memanjakan para wisatawan. Mulai dari pantai, gunung, candi, dan museum sejarah di tersedia di kota Jogjakarta yang kaya akan budayanya ini. Jogja juga menyimpan banyak cerita sejarah yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Menarik untuk dikulik dan memberikan pengalaman seru tersendiri, terlebih cerita-cerita yang ada dapat menambah pengetahuan dan wawasan. 

Berwisata ke musium? kenapa tidak? barangkali kesan yang kita tangkap ketika pertama kali membicarakan musium adalah kesan klasik, kuno, dan mungkin agak sedikit horor. Tapi jangan salah ya. Seiring berjalannya waktu Musium-musium tersebut saat ini sudah dikelola dengan baik, selain koleksi benda - benda unik yang dimiliki, museum dengan gaya arsitektur bangunan yang klasik atau kuno dapat menjadi background menarik untuk berfoto. Saat ini ada beberapa musium sejarah yang memang sengaja dijadikan sebagai tempat wisata. Berikut ini spot unik sajikan informasi tentang 7 Wisata Musium Sejarah di Kota Jogjakarta:

 

  1   Monumen Jogja Kembali (Monjali)

 

Monumen berbentuk gunung ini merupakan museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.Terletak di Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan terdiri dari 3 lantai yang dilengkapi dengan peprustakaan dan ruang serbaguna. Dipintu masuk musium terdapat 422 nama pahlawan yang gugur saat membela negara. Selain itu juga tersusun rapi replika, foto, dokumen, berbagai jenis senjata, hingga bentuk replika dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945 - 1949. Tidak ketinggalan, tandu dan dokar yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman.

 

  2   Museum Affandi

 

Siapa yang tidak kenal dengan sang maestro lukis kondang Affandi? Affandi merupakan seorang maestro lukis kontemporer dunia yang sangat terkenal, sebagian besar karya - karyanya terpajang rapi di galeri Museum. Museum Affandi merupakan tempat tinggal sekaligus tempat dia disemayamkan.Tidak hanya lukisan saja yang dipamerkan, tapi juga ada peninggalan lain seperti mobil yang digunakan semasa hidupnya. Selain itu juga terdapat karya lain dari keluarga dan teman-teman seprofesinya.

Jika Anda ingin mengunjungi Museum Affandi melihat karya-karyanya, datang saja ke Jalan Laksda Adisucipto No. 167, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Museum ini terletak ditepi Sungai Gajah Wong, dari luar akan kita liat betapa uniknya bangunan ini, selain itu suasanya juga asri.

 

  3   Museum Sonobudoyo

 

Terletak Jl. Pangurakan No.6, Gondomanan, Kota Yogyakarta berdiri dengan megah sebuah museum. Ya Museum Sonobudoyo disini Anda akan mengetahui sejarah keris dan koleksi keris di Yogyakarta, yang sedikitnya ada 1.200 koleksi keris. Tidak hanya keris namun di museum ini juga disimpan beberapa benda bersejarah dari jaman dulu, seperti keramik, arca, gerabah, senjata tradisional, dan masih banyak lagi. Meski cerita sejarah bisa kita baca dan temui di buku, tapi jika Anda datang ke musem secara langsung seakan kita dibawa ke lorong waktu jaman dahulu. Menarik kan?

 

  4   Museum Batik Yogyakarta

 

Ternyata tidak hanya koleksi keris saja lho. Jogja juga memiliki Museum Batik, ada sekitar 1.200 koleksi perbatikan. Koleksi tersebut terdiri dari 500 lembar kain batik tulis, 560 batik cap, 124 canting (alat pembatik), dan 35 wajan serta bahan pewarna, termasuk malam. Rumah koleksi batik ini terletak di Jalan Dr Sutomo, Kota Yogyakarta. Banyak sekali jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia yang menjadi koleksinya.

Salah satu manfaat mengunjungi Museum Batik adalah bisa mengenal dan mengetahui lebih dalam tentang batik. Mulai dari jenis kain, macam motif batik dan peralatan batik tersimpan rapi. Tentu, akan menjadi referensi yang tepat jika ingin mencari tahu banyak hal tentang batik dan sejarahnya.

 

Baca juga: Melihat Pinguin Di Kebun Binatang Gembira Loka JogjaAyo ke Taman Pintar, Kita Tambah Pengetahuan

 

  5   Wayang Kekayon

 

Museum Wayang Kekayon berdiri di Jalan Raya Jogja - Wonosari Km 7 No 277, Bantul, Yogyakarta. Museum ini merupakan tempat disimpannya wayang-wayang yang ada di Yogyakarta. Sama halnya dengan museum Wayang di Jakarta, museum ini mempunyai beberapa jenis wayang, seperti wayang Purwa, wayang madya (menceritakan era pasca Perang Baratayuda), wayang klithik (mengisahkan Damarwulan dan Minakjinggo), wayang gedhog (cerita Dewi Candrakirana), dan lain lain.

Museum yang berdiri tahun 90-an ini menyimpan berbagai jenis wayang yang ada di Indonesia. Museum ini tak hanya mengoleksi jenis wayang yang biasa kita kenal seperti wayang kulit atau wayang golek saja, tapi juga menyimpan berbagai jenis wayang yang mungkin tidak dikenal orang awam, bahkan nyaris punah.

 

  6   Museum Dirgantara Mandala

 

Tidak hanya budaya dan seni yang ada di museum di Yogyakarta, tapi ada juga Museum Pusat TNI AU yang lebih dikenal dengan nama Museum Dirgantara Mandala. Museum ini bermarkas di kompleks pangkalan udara Adi Sutjipto, Yogyakarta. Museum ini menyimpan sejumlah foto tokoh-tokoh sejarah serta diorama peristiwa sejarah. Sejumlah pesawat tempur pada Perang Dunia ke II tersimpan di sini, seperti Pesawat PBY-5A (Catalina), Replika pesawat WEL-I RI-X, Pesawat A6M5 Zero Zen buatan Jepang, Pesawat pembom B 25 Mitchell, B 26 Invader, dan Helikopter 360 buatan AS.

Sejarah penerbangan dan dunia aviasi di Indonesia ada di museum ini. Banyak koleksi lengkap tentang dunia penerbangan seperti berbagai jenis pesawat terbang, foto - foto, lukisan, diorama sejarah Angkatan Udara Indonesia, pakaian dinas, tanda penghormatan dan berbagai koleksi lainnya.

 

  7   Museum Ullen Sentalu

 

Mencari suasana museum yang sejuk, asri dan penuh dengan keindahan alam? mampir saja ke Museum Ullen Sentalu. Museum ini terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Yogyakarta. Di sini, Anda bisa mengetahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang menampilkan budaya dan kehidupan putri/wanita Keraton Yogyakarta. Semasa hidupnya, putri - putri keraton tersebut merupakan pembatik keraton. Saat ini, koleksi batik mereka disimpan rapi di Museum Ullen Sentalu.

Kebudayaan Jawa khususnya tentang keluarga keraton dipamerkan di sini. Dengan arsitektur bangunan dan interior yang unik dipadu dengan suasana alamnya yang rindang, Museum Ullen Sentalu mampu menawarkan suasana museum asyik berbeda dengan museum pada umumnya.

 

Baca juga: Ayo Ke Museum - Ayo ke AffandiWisata Edukasi Yang Unik Di Taman Pintar Jogjakarta