Tips Wisata

15 Daftar Wisata Alam Menarik di Gunung Kidul



15 Daftar Wisata Alam Menarik di Gunung Kidul

Ada sejumlah objek wisata Gunungkidul di Jogja yang menarik dan patut Kita kunjungi, baik itu wisata alam, budaya, candi hingga pesona pantainya yang memikat. Gunung sendiri selain memiliki keunikan juga memilki daya pikat tersendiri bagi para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan Gunung Kidul memiliki beberapa landmark dan juga destinasi yang sangat indah. Selain pantai, di sana juga ada beberapa air terjun, goa dan juga keindahan alam yang sangat menarik. Gunung Kidul sendiri merupakan salah satu tempat wisata di Jogja paling menarik dan populer. Penasaran kan? 

Berikut adalah 15 Daftar Wisata Alam Menarik di Gunung Kidul dan Paling Gemar dikunjungi Wisatawan :

1. Pantai Indrayanti 
Salah satu pantai indah di Gunungkidul Jogja dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai Indrayanti, yang oleh pemerintah lokal dinamakan sebagai Pantai Pulang Sawal, adalah sebuah destinasi wisata Gunungkidul yang populer di kalangan wistawan.

Salah satu tempat wisata di Jogja ini menyuguhkan kita panorama laut yang indah dengan dukungan infrastruktur wisata yang memadai. Di sepanjang bibir pantai dapat menyaksikan deretan restoran yang menyajikan aneka masakan laut hingga es kelapa muda segar. Tidak kalah menarik, ketersediaan unit-unit jet sky dapat kita sewa jika ingin bermain-main di air laut yang bersih.

Alamat Pantai Indrayanti: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta | Tiket : Rp 5.000/orang

 

2. Pantai Jogan
Tempat wisata Gunungkidul yang satu ini memang memiliki bentang alam yang unik, dikelilingi tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur. Salah satu pesona pantai Gunungkidul yang satu ini adalah adanya air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir laut Jogan. Air terjun setinggi 10 meter ini memiliki sumber air yang berawal dari perbukitan karst yang ada di kawasan pantai Jogan.

Selain menimati panorama pantai Jogan yang indah, di tempat ini kita juga dapat mencoba untuk merasakan guyuran air terjun tersebut. Namun, diperlukan kehatian-hatian ekstra untuk dapat menyusuri turunan licin dan curam agar sampai ke bagian bawah air terjun tersebut.

Alamat Pantai Jogan: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta | Tiket : Rp.3.000/orang

 

3. Pantai Baron
Mencicipi lobster, ikan kakap, bawal putih, hingga tongkol bisa sekaligus kita nikmati di Pantai Baron. Karena Pantai Baron merupakan dermaga bagi para nelayan, disini kita juga bisa menjumpai adanya pelelangan ikan. Pantai di Gunungkidul yang satu ini juga menawarkan panorama laut yang indah dan pula disukai wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata Gunungkidul bagi mereka yang ingin menyantap aneka kuliner laut yang lezat.

Pantai Baron sesungguhnya adalah sebuah teluk dengan keberadaan dua buah bukit yang mengapit pantai tersebut pada sisi kiri dan kanannya. Terdapat pula beberapa hotel yang dekat dengan pantai Baron dan dapat Anda pilih sebagai tempat menginap.

Alamat Pantai Baron: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

 

4. Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal menawarkan keindahan hamparan pasir putih dan barisan tebing tegak lurus dengan ketinggian tebing mencapai 40 m hingga 60 m. Pantai Gunungkidul yang satu ini terkenal dengan pemandangan pohon duras yang tumbuh di area sebelum memasuki pantai. Spot wisata Gunungkidul ini memiliki ombak laut yang tenang serta kita juga dapat menjumpai sumber mata air tawar yang mengalir melalui aliran sungai bawah tanah di pantai ini. 

Alamat Pantai Pok Tunggal: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta | Tiket : Rp.2.000/orang

 

5. Pantai Siung

Para penggemar olah raga panjat tebing tentu saja akrab dengan pantai siung ini. Sejumlah event panjat tebing skala nasional dan internasional pernah digelar di tempat wisata Gunungkidul yang satu ini. 

Objek wisata Gunungkidul yang satu ini terkenal dengan arena panjat tebingnya dengan ketersediaan 250 jalur pemanjatan yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pantai Siung memiliki hamparan pasir yang putih, dikenal dengan batu karangnya yang berukuran raksasa.

Alamat Pantai Siung: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

 

6. Pantai Sundak

Pantai Sundak Terletak di Desa Sidoharjo, pantai sundak di Gunungkidul ini menawarkan panorama yang menawan dan memiliki hamparan pasir putih dengan ombak laut yang cukup besar dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul.

Pada sisi kanan dan kiri pantai ini terdapat bebatuan karang besar yang menjadi pemisah antara pantai Sundak dengan pantai lainnya. Cara terbaik menikmati pesona pantai Sundak adalah dengan berkemah, menikmati malam sembari memanggang ikan bersama dengan para sahabat.

Alamat Pantai Sundak: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

 

7. Air Terjun Sri Gethuk

Inilah salah satu keindahan alam Gunungkidul yang dapat kita temukan. Air Terjun Sri Gethuk menyuguhkan pemandangan aliran air diantara tebing berketinggian hingga 50 m. Untuk dapat tiba di air terjun ini, kita harus melewati jalanan setapak di pematang sawah sejauh kira-kira setengah kilometer, lalu dilanjutkan menuruni 96 anak tangga.

Alamat Air Terjun Sri Gethuk: Bleberan, Playen, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta | Tiket : Rp.3.000/orang | Perahu tradisional (gethek) : Rp.5.000/orang

 

8. Pantai Krakal
Inilah pantai dengan garis pantai terpanjang di Gunungkidul. Salah satu objek wisata Gunungkidul ini menyuguhkan pesona keindahan pantai yang menawan.

Seperti pantai lainnya, Pantai Krakal memiliki pula hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Dan pada periode awal bulan, kita dapat menyaksikan aneka ikan hias yang muncul di sekitar pantai ini. Jika ingin menginap, terdapat hotel juga di kawasan pantai ini yang dapat kita singgahi. Untuk soal makanan sendiri, tak perlu khawatir, karena dikawasan ini juga dapat kita jumpai berbagai tempat makan aneka rasa.

Alamat Pantai Krakal: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

 

9. Goa Gelatik
Goa ini masih terjaga keasliannya, memiliki panjang sejauh 400 meter. Jika kita bermaksud menelusuri goa ini, disarankan untuk membawa peralatan keamanan yang diperlukan. Di Goa Gelatik, kita juga dapat menjumpai kumpulan stalaktit dan stalakmit yang tersusun indah. Pula, gua ini sedikit lebih rendah sehingga saat memasukinya, kita harus menundukkan kepala. Juga agar berhati-hati karena goa ini adalah pula tempat tinggal kelelawar yang hidup di dalamnya.

Alamat Goa Gelatik: Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
 

10. Gua Seropan
Menaklukkan tebing-tebing karst adalah sebuah hal yang berkesan. Begitu pula dengan keindahan paduan ornamen stalaktit dan stalagmit yang ada di dalamnya. Aliran sungau di bawah tanah semakin menambah pesona goa ini bagi para penikmat alam. Itulah kesan yang dapat kita tangkap pertama kali ketika menjejakkan kaki di Gua Seropan.

Selain sebagai obyek wisata, Gua seropan juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk kegiatan penyusuran gua (caving) dan panjang tebing (rock climbing). Para pecinta alam dan penyuka kegiatan olahraga di alam bebas yang cukup ekstrim, Gua Seropan adalah salah satu yang favorit.

Alamat Gua Seropan: Desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

 

11. Gua Jomblang
Siapa yang tak kenal dengan Goa yang satu ini? Goa Jomblang memiliki pesona wisata goa yang terkenal dengan sebutan “Cahaya Surgawi”. Disebuah titik lorong alami yang merupakan penghubung antara Goa Jomblang dan Goa Grubug, kita akan menyaksikan stalagmit hijau kecoklatan dan sinar matahari yang menebus masuk dalam gua. Pemandangan menawan inilah yang bagi sebagian orang dinamakan sebagai “Cahaya Surgawi”. 

Alamat Gua Jomblang: Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

 

12. Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba ini adalah gunung berapi yang aktif puluhan juta yang lalu, sekitar 60 – 70 juta stahun silam dan sekarang gunung ini dinyatakan sudah tidak aktif lagi. Gunung ini berbentuk bongkahan batu andesit raksasa membentang sekitar 800 meter dan setinggi 300 meter ini mulai banyak menarik perhatian para wisatawan. Setelah pengunjung sampai di lokasi, untuk beristirahat sudah disediakan pendopo yang berbentuk joglo.

Di puncak gunung api purba ini, kita dapat menemukan pesona sunset dan sunrise yang memikat. Tak kurang pula, di malam hari pun dapat menyaksikan gemerlap indah kota Jogja dari ketinggian. Gunung Nglanggeran berbentuk seperti sebuah bongkahan batu raksasa.

Kita hanya memerlukan waktu pendakian selama 1,5 jam saja untuk dapat tiba di puncak bagian barat gunung ini. Tetapi pada puncak bagian timur, kita juga dapat mengendarai motor untuk dapat sampai ke atasnya.

Alamat Gunung Nglanggeran: Desa Ngalanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
 

13. Cave Tubing Kalisuci
Inilah kegiatan susur sungai tertutup yang pertama di Indonesia. Selain itu, di Jogja masih ada tempat cave tubing lainnya, yakni di Goa Pindul. Inilah kegiatan menyusuri aliran sungai yang mengalir di dalam gua menggunakan ban dalam. Cave Tubing Kalisuci menyuguhkan berbagai pengalaman wisata alam yang berkesan, melewati aliran air dalam perut bumi selama sekitar 1 jam, melewati hingga tiga buah goa dengan langit-langit yang tinggi. Seru bukan?

Alamat Cave Tubing Kalisuci: Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

Baca juga : 10 Tempat Wisata Baru di Kulon Progo Yang Belum Terjamah10 Wisata Malam di Jogja Yang Penuh Daya Tarik

14. Bukit Bintang

Berikutnya adalah Bukit Bintang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Bintang adalah pada malam hari. karena pada saat malam hari tempat ini akan menyuguhkan gemerlap lampu kota Jogja yang sangat indah. Di sini juga terdapat warung-warung yang sengaja dibangun untuk menudukung fasilitas yang ada di sana.

Alamat Bukit Bintang : Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

15. Pantai Nglambor

Air laut yang cukup jernih menjadikan wisatawan bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Wisatawan pun bisa snorkeling atau berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar.

Alamat :  Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta


Rute Perjalanan ke Gunungkidul

Kawasan wisata Gunungkidul di Jogja dapat ditempuh dengan menggunakan sarana transportasi umum. Selain itu, tentu saja Kita dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Secara umum, infrastruktur transportasi tersedia dengan baik. Dengan demikian, mengunjungi berbagai objek wisata Gunungkidul akan menjadi sangat mudah.