Tips Wisata

17 Wisata Kulon Progo Yang Bisa Mengalihkan Duniamu



17 Wisata Kulon Progo Yang Bisa Mengalihkan Duniamu

Spotunik.com - Kulonprogo, yang masih merupakan bagian dari wilayah kota Jogjakarta memiliki potensi wisata yang 70 persennya adalah kawasan pegunungan, selain itu juga Kulonprogo memiliki potensi alam seperti pantai yang tidak kalah indah dari pantai - pantai yang ada di daerah Gunungkidul yang iconic. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Kota Jogja dan sekitarnya terutama di wilayah Kulonprogo Spot Unik berikan informasi Wisata Kulonprogo Yang Bisa Mengalihkan Duniamu. 

Wisata Kulonprogo selain menarik untuk dikunjungi, juga layak dijadikan sebagai referensi bagi Anda yang membutuhkan informasi wisata di kota Jogja dan sekitarnya. Penasaran kan apa saja wisata yang terdapat di kulonprogo, simak uraian berikut ya!

 

 1  Pantai Glagah

 

Lokasi pantai ini adalah sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta atau jika dari Kota Wates jaraknya 15 km. Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia yang terdapat di Kulonprogo. Pantai Glagah ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan baik mancanegara maupun lokal terutama saat musim liburan tiba.

 

 2  Pantai Trisik

 

Pantai Trisik di Kulonprogo merupakan pantai yang terkenal dengan pemandangan alamnya berupa hamparan pantai yang luas dengan pasirnya berwarna hitam. Pantai Trisik ini dibatasi oleh muara Sungai Progo, salah satu sungai besar yang ada di Yogyakarta.

 

 3  Pantai Congot

 

Pantai ini merupakan pusat kegiatan para nelayan dari warga setempat. Jadi di pantai ini anda dapat dengan mudah menjumpai nelayan yang sedang membenahi perahu, menjahit jaring, dll. Nuansa perkampungan nelayan ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Congot ini.

 

 4  Waduk Sermo

 

Waduk Sermo merupakan salah satu wisata kebanggaan warga Kulonprogo Yogyakarta. Waduk Sermo Kulonprogo berada di atas sebuah perbukitan yang berada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo Yogyakarta. Waduk ini memiliki pemandangan yang sangat indah serta udara yang sejuk sehingga sangat menarik wisatawan untuk datang mengunjunginya. 

 

 5  Air Terjun Grojogan Sewu

 

Bukan hanya di karanganyar Jawa Tengah, Air Terjun Grojogan Sewu ternyata terdapat juga di Kulonprogo. Air Terjun Grojogan Sewu di Kulonprogo terdapat di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Wisata Air Terjun Grojogan Sewu di Kulonprogo ini dapat di kategorikan masih sepi pengunjung, karena memang baru dikembangkan secara serius sebagai obyek wisata sekitar tahun 2013.

 

 6  Puncak Suroloyo

 

Baru-baru ini yang lagi ngehits dan banyak bertebaran di instagram salah satunya adalah Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh yang terdapat di Kulonprogo Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan pemandangannya yang indah serta adanya beberapa pertapan yang bersejarah. Dari Puncak Suroloyo ini anda dapat melihat Candi Borobudur dari atas bukit. 

 

 7  Hutan Wisata Kalibiru

 

Dibuka sekitar tahun 2008 dan konon katanya awalnya dibuka secara swadaya oleh penduduk desa setempat dan kemudian menjadi tempat WIsata unggulan Kulonprogo selanjutnya adalah Hutan Wisata Kalibiru. Hutan Wisata Kalibiru merupakan sebuah wisata alam yang terdapat di Perbukitan Menoreh Kabupaten Kulonprogo. Pemandangan yang paling menarik tentunya di salah satu spot dimana kita dapat melihat Waduk Sermo dari kejauhan. Di Wisata alam Kalibiru ini pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah atau melakukan beberapa aktivitas outbound yang menyenangkan. 

 

 8  Kebun Teh Nglinggo

 

Bukan hanya kota Bogor saja yang memiliki kebun teh, ternyata Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta juga terdapat kebun teh dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Kebun teh di Kulonprogo ini bernama kebun teh Nglinggo. Kebun teh ini terdapat di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Hamparan perkebunan teh yang berwarna hijau yang indah banyak dinikmati wisatawan saat liburan.

 

 9  Goa Kiskendo

 

Ada cerita menarik di balik keberadaan Goa Kiskendo ini, dimana menurut mitos yang dipercaya masyarakat, Goa ini merupakan tempat pertempuran antara Maesosuro-Lemusuro melawan Sugriwo-Subali, dimana kisah pertempuran ini diceritakan dalam dinding goa berupa reliefWisata Goa Kiskendo. Wah menarik ya? bagi Anda yang ingin mengunjungi Goa Kiskendo, goa ini terletak Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan berupa stalagtit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa yang membentuk gugusan yang sangat indah. 

 

Baca juga: Menikmati Laguna Dan Kebun Buah Di Pantai Glagah KulonprogoMenikmati Danau di Atas Awan Kulon ProgoKemilau Langit Senja Di Waduk Sermo Wates

 

 10  Wildlife Rescue Center

 

Dilihat dari namanya, tempat wisata yang berada di kulon progo ini merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menampung dan menyelamatkan beberapa satwa liar yang hampir punah. Wildlife Rescue Center dahulu bernama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ) dan sampai sekarang masyarakat setempat masih familiar dengan nama yang lama tersebut. 

 

 11  Air Terjun Sidoharjo

 

Air terjun Sidoharjo terletak di Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 75 m, cukup lumayan bukan? Adanya bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar air terjun akan menambah keelokan alam Air terjun Sidoharjo ini. Air terjun Sidoharjo merupakan salah satu wisata alam di Kulonprogo yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi para wisatawan.

 

 12  Waduk Mini Kleco

 

Selain waduk sermo, kulonprogo juga terkenal dengan waduk mini kleco. Waduk ini terletak di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Girimulyo Kulonprogo Yogyakarta. Bentuknya memang tidak besar, tidak seperti Waduk Sermo, namun pemandangan di sekitar Waduk Mini Kleco ini terbilang sangat indah. Di lokasi Waduk Mini Kleco ini belum banyak warung yang menjajakan makanan, sehingga alangkah baiknya jika anda ingin berkunjung kesana, anda bawa bekal terlebih dahulu.

 

 13  Bendungan Ancol

 

Terletak di Dusun Pantog Wetan, Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo, bendungan ini juga menjadi pembatas wilayah Kabupaten Kulonprogo dan Sleman. Bendungan Ancol. Bukan Ancol Jakarta lho. Bendungan ini sebenarnya bernama Bendungan Vanderwick yang dibangun pada tahun 1944.

Tempatnya sejuk dengan pemandangan menakjubkan. Selain menawarkan sebuah keindahan panorama alam Sungai Progo yang penuh dengan material batu dari Gunung Merapi, tempat ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat finish peserta rafting dari Magelang. bahkan tempat ini juga di jadikan sebagai lokasi foto pre-wedding.

 

 14  Arung Jeram Sungai Progo

 

Berjarak 17 kilometer dari kota Jogja dan dapat dilalui dengan kendaraan selama 25 menit menuju Base Camp. Bagi Anda yang suka tantangan, Arung Jeram Sungai Progo ini merupakan salah satu tempat favorit bagi wisatawan maupun penggiat arung jeram di Indonesia. Karakter aliran air serta bentukan jeramnya khas.

 

 15  Goa Sriti

 

Apa yang ada dipikiran Anda ketika mendengar kata sriti? pasti yang ada dibenak kit adalah sebuah gua yang di dalamnya terdapat banyak burung sriti, tetapi tidak. Sebelum menuju Puncak Suroloyo, Anda bakal melewati Goa Sriti. Kurang lebih 1 kilometer dari Jalan Samigaluh maka anda akan menemui plang (yang sudah rapuh) ke arah Goa Sriti.

 

 16  Puncak Wiidosari

 

Bagi Anak muda yang gemar nongkorng atau muncak, puncak Widosari adalah salah satu puncak di kulonprogo yang wajib Anda jamah. Menyajikan pemandangan berupa formasi puncak unik yang dikelilingi oleh hijaunya perkebunan di sekitarnya. Berada di Padukuhan Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kulonprogo Kliker bisa menempuhnya sekitar 10 menit berkendara dari kebun teh mungil, Tritis.

 

 17  Gunung Lanang

 

Gunung Lanang terletak di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.Menyaksikan landscape Kota Wates dan indahnya beberapa gunung seperti Gunung Merapi dan Merbabu dengan cukup jelas. Jika pada pagi pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit. Begitu pula jika ke sini ketika sore hari. 

 

Baca juga: Pesona Pantai Glagah Dengan Pemecah OmbakBermain Di Water Park Alami Kedung Pedut Kulonprogo