Tips Wisata

Main-main Ke Alun-alun Kidul, Bisa Ngapain Aja?



Main-main Ke Alun-alun Kidul, Bisa Ngapain Aja?

Alun-alun Kidul selalu jadi daya tarik deh. Hampir setiap malam kawasan ini selalu ramai dan riuh. Mungkin ada beberapa yang bingung nih, mereka ini ngapain aja di Alkid, sebutan gaul untuk Alun-alun Kidul, sampai jalan macet abis tapi tetap ngangenin.

1. Main Odong-odong

Jelas yang satu ini bikin jalan macet. Tapi, rasain sendiri deh, asiknya naik odong-odong keliling Alkid, apalagi bareng teman atau keluarga. Emang capek sih, ngontel mobil unik ini, tapi sensasinya dijamin nagih. Menikmati suasana Alkid di malam hari diiringi musik koplo dari DVD player yang ada di odong-odong. Eits, jangan salah, odong-odong di Alkid rata-rata udah dandan maksimal buat memikat pengunjung. Hampir semuanya memakai lampu gemerlap dengan bentuk yang macam-macam. Ada juga odong-odong yang menduplikat model mobil legendaris macam Volkswagen. Belum lagi odong-odong yang sengaja memasang sound system yang mungkin udah bisa dipake untuk kondangan. Malah, ada yang pasang disco ball dan laser biar penumpang odong-odongnya bisa sekalian clubbing. Hihihi... ada-ada aja ya.

 

2. Makan Jagung Bakar

Di sekitaran Alkid banyak warung makan yang asik lho. Menunya simpel tapi tetap asik untuk dinikmati. Malah, seorang teman pernah spontan ngomong ke penulis, kalau dia selalu kangen dengan suasana Alkid, di mana kita bisa jajan di pinggir trotoar sambil duduk santai menikmati suasana. Kebanyakan warung ada di sisi timur Alkid. Ga cuma jagung bakar, kamu bisa pesan mi instan, kopi, atau bahkan wedang ronde.

3. Beli cilok

Ga bercanda, ini serius. Kalau kamu main ke Alkid di sore hari, kamu bakal menemukan satu spot di mana terdapat segerombolan orang, yang biasanya kebanyakan mbak-mbak, mengelilingi satu gerobak cilok. Nah, itu dia, salah satu food gerobak paling laris di Jogja. Cilok di sini dikenal paling enak dan banyak yang mengakuinya. Aa' cilok di Alkid ini berjualan mulai sore hari sampai habis. Biasanya sih selepas maghrib si Aa' sudah mendorong gerobaknya pulang lantaran bulat-bulat kenyal yang jadi aset jualannya sudah tandas dibeli.

4. Masangin

Masangin? Apaan itu? Belum tahu? Masangin adalah semacam game legend di sini. Kamu harus melewati area di antara dua beringin kembar dengan mata tertutup. Percaya ga percaya, cuma sedikit orang yang bisa melalui beringin kembar ini tepat di tengah. Sebagian besar orang akan berbelok ke kanan atau ke kiri walaupun sudah mantap dengan semangat 45 berjalan lurus, padahal tidak. Kalau kamu ingin menjalani masangin ini, hati-hati ya, karena ga cuma kamu aja yang asik dengan masangin, jadi ketika kamu berjalan dengan mata tertutup, sebaiknya didampingi satu orang lagi untuk mengawasi supaya kamu tidak bertabrakan dengan orang lain.

5. Jajan Es Goreng

Ada satu penjual es yang jadi favorit penulis di sini. Jajanan yang sudah langka dan susah banget ditemui ternyata masih ada di Alkid. Iya, es goreng! Lho, es kok digoreng?? Bingung ya? Jadi, maksudnya adalah es lilin yang sudah dipotong-potong dan ditusuk dengan stik akan dicelup di gula cair yang ada di wajan. Makanya dinamakan es goreng, karena seolah-olah digoreng. Jaman dulu es ini sering dijajakan keliling dengan sepeda. Namun, bapak penjual es goreng yang satu ini sudah menggunakan sepeda motor, dan dibantu dengan speaker corong ketika berjualan. Malah, ketika kamu membeli es goreng ini, si bapak kadang akan komentar hal-hal yang sebenernya ga penting tapi lucu. Cobain sendiri deh kalau kamu main ke sini.

 

6. Menonton wayang

Pada malam tertentu, diadakan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk di gedung Sasono Hinggil Dwi Abad, yang terletak tepat di utara Alkid. Jadwalnya memang tidak tentu, tanyakan saja pada petugas di Sasono Hinggil kapan pertunjukan wayang akan diadakan. Biasanya sih, sebulan sekali. 

 

 

Itu tadi hal-hal yang bisa kamu lakukan di Alun-alun Kidul. Sebenarnya masih ada hal-hal lain yang bisa dilakukan di sini. Kalau kamu, apa yang biasa kamu lakukan di Alun-alun Kidul?

 

*foto milik Khairi Imran*