Tips Wisata

Menikmati Puncak Merapi Dari Puncak Yang Lain, Turgo



Menikmati Puncak Merapi Dari Puncak Yang Lain, Turgo

Siapa yang tak kenal dengan gunung Merapi? Salah satu gunung berapi paling aktif di Jawa ini menjadi icon dari provinsi Yogyakarta. Tentunya disamping icon-icon yang lain. Semua orang ingin melihat puncak Merapi. Tapi ada satu masalah sekarang. Semenjak Merapi mengeluarkan lahar panasnya dan menyebabkan bencana yang menggerikan dan merenggut banyak nyawa, pihak pemerintah tak lagi memperbolehkan orang-orang untuk berkunjung sampai ke puncak Merapi. Hal itulah yang kemudian banyak membuat orang kecewa karena tidak bisa menyaksikan keindahan puncak Merapi.

Turga1

Sumber Google

 

Sejauh ini orang-orang hanya bisa sampai di lereng Merapi. Tentu karena alasan keamanan yang kemudian membuat tempat tersebut menjadi terlarang. Tapi kamu tak perlu bersedih karena tak bisa menginjakkan kaki di puncak Merapi. Ada satu tempat yang bisa mengobati kesedihanmu untuk paling tidak berada sejengkal lebih dekat dengan puncak Merapi yang penuh misteri tersebut. Tempat ini bernama Bukit Turgo.

Bukit yang berada di sebelah barat Kaliurang, tepatnya di Dusun Turgo, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan dari puncak Merapi. Untuk mencapai ke puncak bukit ini, kamu harus melalui jalan setapak yang cukup sulit. Kamu akan melewati hutan Merapi dan berjalan sekitar satu jam untuk bisa sampai di puncak bukit tersebut. Selain itu, jalanan yang kamu lewati akan sangat terjal di beberapa titik. Tapi tak usah khawatir karena para penduduk sekitar dan orang-orang yang sudah pernah melewati tempat tersebut telah memberi tali di samping kiri dan kanan untuk berpegangan ketika kamu sedang lewat jalan yang cukup curam.

Turga2

Sumber Google

Meskipun untuk sampai disana kamu membutuhkan usaha ekstra, tapi ketika kamu sudah sampai di tujuannya, maka semua usahamu akan terbayarkan dengan lunas. Karena kamu akan begitu dekat dengan puncak Merapi. Keindahan yang ada di tempat ini akan menghilangkan penatmu. Di bukit ini, selain pemandangan yang indah, juga ada makam atau petilasan yang dipercaya oleh penduduk sebagai petilasan dari salah satu ulama besar masa Walisongo. Di makam itu juga terdapat gua kecil yang biasa digunakan untuk tirakat oleh para pengunjung makam.

So! Ingin menikmati pemandangan Merapi yang luar biasa dari jarak dekat? Datang saja ke bukit Turgo. Happy traveling guys!