Tips Wisata

Liburan Ke Jogja? Siapa Takut!



Liburan Ke Jogja? Siapa Takut!

Merasa masih newbie atau cupu soal traveling? Ingin coba traveling pertama kali? Masih takut bepergian jauh tapi udah kebelet liburan? Jangan ke Jogja kalo kamu masih berpikir panjang lebar untuk menentukan destinasi liburan kamu. Akan sulit menemukan alasan kenapa Jogja tidak bisa jadi tujuan liburan. Traveler newbie maupun yang sudah sabuk hitam pasti tidak akan menolak untuk liburan ke Jogja. Masih ragu untuk liburan ke Jogja? Pertimbangkan alasan berikut ini deh.

 

Akses Transportasi Mudah

Bus malam bisa jadi alternatif transportasi menuju Jogja (foto oleh denmas estu)

Punya anggaran lebih dan ingin cepat sampai? Bisa pilih maskapai penerbangan favorit kamu. Hampir semua maskapai penerbangan nasional mempunyai rute penerbangan menuju Jogja. Pilihan jam penerbangan juga bukan alasan, dari pagi hingga malam selalu ada pilihan penerbangan tujuan Jogja, dan juga dari Jogja dengan berbagai tujuan.

Anggaran mepet? Masih ada pilihan perjalanan darat. Gunakan kereta api atau bus. Pilihan kelas kereta api jelas jangan diragukan. Kereta api eksekutif sampai ekonomi subsidi tersedia. Tinggal sesuaikan saja dengan budget perjalananmu. Apalagi, jika menggunakan kereta api, kamu langsung bisa menuju pusat keramaian yang jadi icon Jogja, yaitu Malioboro. Jaraknya hanya beberapa langkah dari Stasiun Yogyakarta, dan tak jauh dari Stasiun Lempuyangan.

Kamu bismania? Pilihan bus juga banyak. Kalau dituliskan satu persatu di sini, mungkin kamu sampai bosan membaca. Sedikit tips, jika tujuan kamu lebih banyak di Jogja utara, turunlah di Terminal Jombor, sedangkan kalau kamu fokus di Jogja selatan, turun di Terminal Giwangan ya.

 

Hotel Bukan Masalah

Pilihan hotel menarik selalu ada (foto oleh Aninbram)

Berapapun anggaran penginapan kamu, selalu ada solusi. Hotel berbintang lima sampai homestay irit ada di Jogja. Homestay atau hostel biasanya mengenakan tarif menginap per malah yang murah, bahkan ada yang tak sampai selembar merah bergambar proklamator. Tapi, kalau kamu ingin menikmati fasilitas mewah, banyak pilihan hotel berbintang di berbagai lokasi di Jogja. Pergi bersama teman atau keluarga? Pilih guest house atau hostel yang kamu suka. Prawirotaman atau daerah Malioboro bisa jadi pilihan menarik, karena di sana banyak pilihan akomodasi yang murah meriah.

 

Perut Lapar Tak Jadi Beban

Angkringan Jogja sebagai Pengobat Lapar (foto oleh Destriyana)

Kebutuhan primer manusia yang satu ini memang tak bisa ditawar demi kelangsungan hidup. Masalah yang satu ini tak akan jadi beban pikiran kamu selama di Jogja. Cari tempat makan yang murah dan menu tak jadi masalah? Dekati daerah kampus, warung makan di daerah dekat kampus biasanya menjual menu makanan yang murah sekaligus mengenyangkan. Coba juga makan di angkringan yang sangat mudah dijumpai. Makanan khas Jogja seperti gudeg, ayam bacem, sate klathak, bakmi jawa, dan sebagainya mudah juga kamu temui. Kalau ingin mencari suasana nyaman untuk ngobrol, santai, sekaligus menghayati suasanya Jogja, banyak juga pilihan resto dan kafe yang cozy. Beberapa judul film yang mengambil setting di Jogja bisa jadi referensi kamu lho.

 

Destinasi Wisata Terbaik

Tamansari, salah satu tujuan wisata populer Jogja (foto oleh febru)

Apa yang kamu cari akan ada di Jogja. Pantai, candi, petualangan, belanja, kuliner, event budaya, apapun. Tak akan pernah ada habisnya menjelajah Jogja dan sekitarnya. Destinasi yang sudah terkenal seantero dunia, Candi Prambanan dan Candi Borobudur, mudah diakses dengan transportasi umum. Pantai yang tak kalah eksotis dengan deretan pantai di pulau dewata, berjajar di Gunungkidul. Event budaya yang seru turut tersaji di waktu tertentu. Menikmati panorama hijaunya pepohonan dan danau buatan, langsung saja ke Kulonprogo. Masih banyak lagi pilihan destinasi wisata di Jogja yang bisa kamu pilih sendiri.

 

Jogja di Malam Hari Selalu Menjadi Memori

Selalu ada memori setiap berkunjung ke Jogja (foto oleh Saeev Zuhri)

Boleh percaya, boleh tidak. Aura Jogja di malam hari sungguh berbeda dibanding siangnya. Selalu ada momen yang menjadi kenangan sendiri bagi orang-orang yang sudah pernah menjejakkan kaki di sini. Datangi Tugu Jogja di malam hari, atau nikmati suasana keramaian di Alun-alun Kidul. Hampir setiap malam Tugu Jogja selalu diramaikan oleh orang-orang yang berfoto ria di sekitarnya. Biasanya pun ada seniman yang mengamen dengan menjadi karakter tertentu, misalnya menjadi hantu atau berpakaian tradisional. Hati-hati jika ingin berfoto di Tugu, jangan sampai mengganggu lalu lintas kendaraan di sekitarnya. Di Alun-alun Kidul, kamu akan dijamu dengan lampu terang dari odong-odong yang disewakan. Kamu bisa menyewa odong-odong ini untuk mengitari alun-alun. Coba juga tradisi masangin, yaitu melewati beringin kembar di tengah lapangan dengan mata tertutup. Masih banyak spot memorable di Jogja yang bisa kamu telusuri sendiri.

 

Cinderamata yang Tak Bisa Dilewatkan

Salah satu hal yang wajib dibawa pulang adalah oleh-oleh (foto oleh febru)

Sudah menjadi hukum tak tertulis jika berlibur wajib membawa buah tangan. Bukan persoalan sulit kalau mau mencari oleh-oleh khas Jogja, baik berupa makanan maupun souvenir. Hampir sepanjang jalan Malioboro dijejali dengan penjual souvenir, mulai dari pakaian, gantungan kunci, hiasan, dsb. Jika ingin membeli dalam jumlah besar, sempatkan ke Pasar Beringharjo juga. Baju batik, atau bahan kain tersedia di Beringharjo, juga bermacam makanan tradisional Jogja. Bicara soal makanan, kamu juga wajib menyempatkan belanja oleh-oleh makanan di berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Jogja. Bakpia, yangko, atau makanan khas Jogja bisa kamu dapatkan di sini. Tak perlu pusing jika ingin membawa buah tangan untuk kerabat atau teman.

 

(sumber: http://wonderfulisland.id/newbie-traveler-wajib-ke-jogja/)