Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun yang Masih Perawan

Pesona keindahan air terjun muncul dari pelosok Samigaluh. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat air terjun setinggi kurang lebih 75 meter ini tak banyak terjamah wisatawan. Sebutan Air Terjun Perawan pun melekat padanya. Air terjun yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Sidoharjo ini semakin eksotis di musim hujan, ketika debit air cukup deras. Perpaduan tebing batu cadas yang tinggi dan derasnya air terjun, tak jarang membuat orang yang berada di jarak beberapa puluh meter dari air terjun ikut basah kuyup. Pesona lain yang dapat ditemukan di tempat ini adalah adanya bunga-bunga liar yang tumbuh subur di sekitarnya. Jika beruntung kita akan ditemani kera-kera berekor panjang yang bergelayutan di antara pepohonan di sekitarnya. Namun beda cerita ketika memasuki musim kemarau, jangan harap menemukan aliran air terjun yang deras di musim ini.

Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Yogyakarta berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan. Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 5 km dari Pasar Dekso. MTs Sidoharjo belok ke kiri dan melewati jalan yang menanjak (naik turun berkelok - Anda harus berhati-hati dan harus berkendara dengan kendaraan yang kuat ditanjakan jalan pegunungan).

Lokasi Air Terjun ini tidak berdekatan dengan jalan raya, sehingga kendaraan harus dititipkan ditempat parkir swadaya masyarakat sekitar. Selanjutnya harus melawati jalan setapak di pinggir sawah dan hutan. Sambil berjalan anda bisa menikmati pemandangan yang indah disepanjang jalan dan mendengarkan kicauan burung yang merdu. Sesampai di lokasi Anda akan merasa takjub karena memang air terjun ini masih benar-benar indah dan alami dengan air yang sangat jernih.

Air Terjun Sidoharjo Jogja merupakan salah satu obyek wisata alam yang masih murni di Kulon Progo. Dikatakan murni karena alamnya masih alami belum banyak dijamah oleh masyarakat dan para wisatawan. Air Terjun ini deras mengalir setinggi 75 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat. Airnya mengalir dengan ringan dan derasnya mengenai benda-benda di bawahnya. Jika kebetulan para wisatawan sedang bermain di bawah air terjun, akan terasa hawa dingin airnya. Satu hal yang disayangkan bahwa debit Air Terjun Sidoharjo Jogja ini sangat tergantung pada curah hujan, sehingga pada musim kemarau air menyusut dan bahkan mengering.

Memandang air terjun dari bawah akan terlihat beberapa tanaman rimbun hidup di sekeliling tebing air terjun. Selain itu, jika beruntung wisatawan juga dapat menemukan beberapa kera berekor panjang bermain-main di sekitar tebing. Pada bagian bawah curug terdapat sebuah kolam yang dapat dimanfaatkan untuk bermain dan menenggelamkan tubuh dalam kesegaran. Di sebelahnya terdapat banyak rumputan hijau, subur dengan selingan beberapa jenis bunga yang amat elok. Tak banyak ditemukan batu di sekitar itu, sehingga wisatawan dapat dengan leluasa memandangi pemandangan alamnya.

Jika belum puas memandangi keelokan alamnya, wisatawan dapat berpetualang secara langsung pada tebing-tebing curug dengan bermain panjat tebing, refling, meluncur (flying fock) tentu saja dengan membawa peralatan sendiri.


0 Ratings   (0 Komentar)

Alamat Gonolangu, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.201877777778, -7.67009166666667
Hari operasional N/A
Jam operasional N/A
Harga tiket N/A
Transportasi N/A
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Air Terjun Sidoharjo

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Air Terjun Sidoharjo


Belum ada galeri untuk wisata Air Terjun Sidoharjo.
Belum ada spot foto untuk wisata Air Terjun Sidoharjo.
Belum ada cerita untuk wisata Air Terjun Sidoharjo.

Review Spot Wisata

Air Terjun Sidoharjo

0 Ratings   (0 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik
Belum ada review untuk wisata Air Terjun Sidoharjo.