Pantai Krakal

Pantai Krakal

Menyongsong Barrel di Pantai Krakal

Deretan pantai-pantai indah laut selatan di Gunungkidul menyembunyikan beberapa spot surfing yang menantang, salah satunya adalah Pantai Krakal.

Pantai Krakal berlokasi di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Krakal merupakan obyek wisata pantai yang sudah lama terkenal sebagai salah satu pantai terindah di ujung selatan Yogyakarta.

Garis pantai yang landai dengan hamparan pasir putih serta hempasan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai Krakal ini mempunyai bentangan garis pantai yang sangat panjang dan merupakan yang terpanjang diantara pantai-pantai di Gunungkidul. Perjalanan menuju pantai ini akan melintasi bukit kapur diselingi dengan teras-teras batu karang. Batu karang sebagian besar menghiasi bibir pantai yang menjadi tepat bagi ikan-ikan kecil yang berwarna-warni.

Yang paling menarik dipantai ini adalah munculnya beragam ikan hias di waktu tertentu bersamaan dengan munculnya lumut saat musim kemarau datang, ikan iakn akan banyak menampakkan diri saat awal bulan dibandingkan dengan akhir bulan. Ada ikan damselfish kuning dengan warna biru dipunggungnya, ikan kepe (butterflyfish) bergaris biru tua dan muda, ikan Bestum, ikan Pogat, ikan Tiger serta sekelompok jenis ikan berenang diantara bebatuan karang. Jika membawa jaring tangan, anda bisa berburu ikan disini, tapi hati-hati jangan sampai merusak karang untuk menjaga keindahan ekosistem pantai ini.

Selain mencari ikan hias di sela bebatuan karang anda bisa melakukan penyelaman dangkal untuk mencari umbal, sejenis hewan laut kecil yang hidup menempel di bebatuan yang oleh penduduk setempat diolah untuk dijadikan rempeyek yang gurih.

Pantai Krakal tercipta menjadi seperti ini melalui proses alam yang panjang. Dahulu pantai ini diyakini berada di dasar laut. Selanjutnya karena proses alam terjadi pengangkatan kerak bumi yang selanjutnya dasar laut tersebut bisa sampai ke permukaan dan akhirnya menjadi daratan. Daratan yang terbentuk dari pengangkatan dasar laut tersebut munculah pantai dengan nama Krakal sebagai pantai yang unik karena banyaknya batu karang bertebaran dipantai yang dulunya dipakai sebagai rumah bagi ikan ikan didasar laut.

Pantai Krakal memiliki dua buah batu karang hitam yang menjulang tinggi yang merupakan pembatas dengan pantai sebelahnya. Kedua batu karang permukaanya sangat subur sehingga banyak ditumbuhi berbagai macam tumbuhan pantai. Diantara kedua karang tersebut anda bisa menikmati keindahan pantai dengan mengunjungi sebuah gazebo yang memang sudah disediakan untuk para wisatawan.

Bila anda dapat berjalan menaiki batu karang sebelah barat yang memang sudah disediakan jalan setapak untuk menaiki gunung karang tersebut. Anda harus berhati hati selama melalui jalan setapak tersebut karena tanaman yanng tumbuh disekitarnya banyak yang mempunyai duri tajam sehingga anda mungkin saja bisa terluka bila kurang berhati-hati. Sesampainya diatas anda akan disuguhkan pemandangan yang elok dari sebuah pantai yang dilihat dari ketinggian.

Tidak ada yang menyangka bila sebelah barat batu karang tersebut ada sebuah pantai kecil dengan suasana yang unik yang tak kalah menariknya dari pantai induknya yaitu Krakal. Pantai kecil ini hanya dibatasi oleh sebuah batu karang. Anda bisa menginjakkan kaki di pantai kecil tersebut dengan menyusuri perbukitan tersebut atau kalau anda menginginkan jalan yang lebih mudah anda bisa turun kembali dan langsung menuju pantai dengan menyusuri pasir puti ke arah barat.

Lokasi Surfing

Tak banyak orang yang tahu bahwa selain Pantai Wediombo, Pantai Krakal juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk ditaklukkan. Namun untuk menemukan spot surfing ini para peselancar harus berjalan lebih dulu menuju deretan batu karang di lepas pantai untuk menyambut ombak bertipe reef break yang lumayan menguji nyali. Karangnya yang cukup tajam bisa melukai kaki dengan mudah, karena itu peselancar harus berhati-hati. Waktu terbaik untuk berselancar di Pantai Krakal adalah pada bulan Maret dan September. Jika beruntung, pada dry season tersebut para peselancar bisa menemukan ombak barrel.


0 Ratings   (0 Komentar)

Alamat Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.59886800000004, -8.145070199999997
Hari operasional Setiap hari
Jam operasional Setiap waktu
Harga tiket Pos retribusi Pantai Baron Rp. 10.000
Transportasi Mobil, motor, bus
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Pantai Krakal

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Pantai Krakal


Belum ada galeri untuk wisata Pantai Krakal.
Belum ada spot foto untuk wisata Pantai Krakal.

Review Spot Wisata

Pantai Krakal

0 Ratings   (0 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik
Belum ada review untuk wisata Pantai Krakal.

  Spot Wisata Sekitar

Tempat wisata sekitar Pantai Krakal

  • Pantai Indrayanti Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Pantai Sadranan Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Pantai Pok Tunggal Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Pantai Drini Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Pantai Sundak Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Pantai Slili Jl. Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (4 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Bandar Krakal Resto Jalan Pantai Krakal Ngestirejo Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul, yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi

  Hotel Wisata Sekitar

Hotel sekitar Pantai Krakal

  • Sembodro Cottages Pantai Krakal, Sidoharjo, Tepus, GunungKidul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Penginapan Bambu Lengkung Pantai Indrayanti, Jalan Pantai Selatan Jawa, Tepus, Gunung Kidul, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi