Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon)

Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon)

Blue Lagoon-nya Sleman

Backflip dan byur! Dari jauh, beberapa anak tampak melakukan atraksi ini berkali-kali. Mereka asyik bermain di sebuah pemandian di tengah desa yang airnya jernih kebiruan. Pemandian itu bernama Tirta Budi, yang dikenal sebagai Blue Lagoon-nya Sleman.

Blue Lagoon Tirta Budi terletak di dusun Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Sebuah kolam ceruk kecil di bawah rimbunnya pohon-pohon bambu bagian dari aliran sungai dengan air bening segar berwarna biru hingga disebut BLue Lagoon. Kedalamannya bervariasi dari 1 meter sampai 3 meter di lokasi yang paling dalam. Di hari biasa Blue Lagoon ini menjadi tempat bermain anak-anak desa setempat. Mereka berlompatan untuk menceburkan diri ke dalam air dengan gaya yang paling hebat.

Menurut salah satu warga yang tinggal disekitar tempat wisata Blue Lagoon ini, dahulu kala tempat yang lebih dikenal dengan Tirta Budi ini bukanlah tempat wisata yang ramai dikunjungi namun hanya digunakan sebagai tempat bermain air ataupun tempat pemandian oleh warga sekitar. Hal tersebut dikarenakan, tidak banyak yang mengetahui keberadaan tempat pemandian ini. Namun hingga pada suatu saat terdapat salah satu mahasiswa di Jogja yang kos / tinggal di daerah sekitar Tirta Budi. Salah satu warga mengajak mahasiswa tersebut untuk mandi di kolam Tirta Budi. Setelah itu mahasiswa tersebut mengajak teman-teman lainnya untuk mengunjungi Tirta Budi sehingga semakin lama tempat tersebut menjadi ramai oleh pengunjung. Selain itu, menurut salah satu warga sekitar tersebut tempat pemandian ini diubah namanya oleh salah satu kampus di jogja dari Tirta Budi menjadi Blue Lagoon. Tempat ini mulai terkenal dari mulut ke mulut dan menjadi populer setelah beberapa orang memposting foto-foto blue lagoon ini ke internet.

Jika Anda bertualang ke Blue Lagoon ini di akhir pekan bersiaplah untuk beramai-ramai di kolam kecil ini karena pada akhir pekan akan banyak pengunjung yang memadati lokasi ini. Tarif masuk ke area kolam pun masih terbilang murah, Rp 2000 untuk parkir motor dan Rp 1000 untuk retribusi desa. Untuk fasilitas umum seperti MCK saat ini masih mengandalkan milik warga di sekitar lokasi. Tenang saja tak perlu takut lapar karena di Blue Lagoon ini sudah banyak warga setempat yang menjual makanan.

Tidak hanya menawarkan sensasi mandi di sungai, di Blue Lagoon kita juga bisa merasakan terapi ikan. Di pemandian ini terdapat banyak ikan-ikan kecil yang akan menggigit kulit kaki kita ketika kita berendam. Sungai ini sangat jernih sehingga kita juga bisa melihat banyak ikan-ikan kecil berenang di sela-sela tubuh saat kita berendam atau berenang.


0 Ratings   (0 Komentar)

Alamat Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.45, -7.704
Hari operasional Setiap Hari
Jam operasional 07.00 WIB - Magrib
Harga tiket Rp 2.000
Transportasi N/A
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon)

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon)


Belum ada galeri untuk wisata Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon).
Belum ada spot foto untuk wisata Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon).
Belum ada cerita untuk wisata Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon).

Review Spot Wisata

Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon)

0 Ratings   (0 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik
Belum ada review untuk wisata Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon).

  Spot Wisata Sekitar

Tempat wisata sekitar Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon)

  • Embung Tambakboyo Jl. Tambakboyo, Condongcatu, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Jogja Bay Waterpark Jalan Stadion, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi