Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

Senja Indah Embung Nglanggeran

Bukit-bukit batu serta lembah-lembah hijau membingkai sebuah embung mungil di kaki Gunung Api Purba Nglanggeran, menampilkan pemandangan senja yang mempesona. Siluet-siluet bergerak yang menawan terlihat tak bosan mematut diri di sana, seperti sebuah layar raksasa, di mana langit jingga menjadi latarnya. Pemandangan senja ini menjadi milik Embung Nglanggeran, sebuah oase di tengah perbukitan karst yang gersang.

Obyek wisata baru telah hadir di Yogyakarta, dia adalah Embung Nglanggeran. Embung adalah kata yang digunakan oleh orang Jawa untuk menyebut telaga buatan. Embung Nglanggeran adalah telaga buatan yang fungsi utamanya adalah untuk mengairi kebun buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain sebagai sumber pengairan, Embung Nglanggeran juga difungsikan sebagai obyek wisata.

Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada bulan Februari 2013, Embung Nglanggeran langsung menyedot perhatian wisatawan. Hal ini dikarenakan lokasinya yang unik dan pemandangannya yang ciamik. Embung Nglanggeran terletak di pinggang Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasi embung dulunya merupakan sebuah bukit yang kemudian dipotong dan dijadikan telaga buatan.

Untuk/span<> mencapai lokasi Embung Nglanggeran wisatawan harus mendaki puluhan anak tangga yang berkelok-kelok. Begitu tiba di puncak, mata akan disuguhi pemandangan telaga buatan yang indah. Saat melayangkan pandang ke sekitar, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Nglanggeran. Di sisi lain kita juga bisa memandang lembah menghijau hingga batas horison. Wisatawan yang mengunjungi Embung Nglanggeran dilarang untuk membuang sampah atau memancing di embung. Di kawasan embung terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Waktu Terbaik Mengunjungi Embung Nglanggeran

Sore hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini. Berhubung terletak di ketinggian, wisatawan bisa menikmati senja di tepi embung tanpa terhalang pepohonan atau perbukitan. Sinar mentari sore yang keemasan akan menerpa permukaan embung. Mentari yang turun perlahan akan membias di air sehingga menciptakan refleksi yang indah.

Selain kala senja, wisatawan juga bisa datang di pagi hari untuk menikmati pemandangan yang mempesona. Meski tidak bisa menyaksikan sunrise, tapi pemandangan telaga yang misty dengan latar lembah hijau yang berkabut terasa sangat epic dan menarik untuk diabadikan dalam gambar.


5 Ratings   (2 Komentar)

Alamat Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.547801, -7.847624
Hari operasional N/A
Jam operasional N/A
Harga tiket Rp. 8000
Transportasi N/A
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Embung Nglanggeran

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Embung Nglanggeran


Belum ada spot foto untuk wisata Embung Nglanggeran.

Review Spot Wisata

Embung Nglanggeran

5 Ratings   (2 Komentar)
5 Bintang
50%
1 Komentar
4 Bintang
50%
1 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik

Review Terbaru Spot Wisata Embung Nglanggeran


  • (5 Ratings)

    Review Oleh : Prasetiyo

      07 November 2016 09:25:14

  • (4 Ratings)

    Review Oleh : Anri Wahyu Cahyono

      27 Juni 2016 17:17:29

    :D

  Spot Wisata Sekitar

Tempat wisata sekitar Embung Nglanggeran

  • Gunung Api Purba Nglanggeran Desa Ngalanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Gunugkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Gunung Ireng Dusun Srumbung, Desa pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Bukit 7 KK Dusun Nglanggeran Wetan, RT 19/RW 04, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
    (5 Ratings)
      Lihat peta lokasi