Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, padang pasir ala Jogja

Gumuk Pasir Parangtritis adalah sebuah fenomena alam langka dan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Gumuk pasir ini berupa bukit-bukit atau gundukan pasir seperti padang gurun yang terdapat di Timur Tengah. Pasir-pasir ini merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Merbabu yang terbawa oleh arus Kali Opak dan Kali Progo. Pada awalnya, masyarakat sekitar tidak melihat suatu hal yang unik dari tempat ini. Namun setelah diadakan berbagai penelitian, barulah mereka sadar bahwa mereka tinggal di salah satu warisan dunia.

Gumuk Pasir Parangkusumo berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Proses terjadinya gurun pasir ini tidak lepas karena pohon gumuk pasir parangkusumo yogyakartaadanya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Kali Opak, Kali Progo dan Pantai Parangtritis. Gundukan pasir yang mengumpul merupakan material yang berasal dari abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Kemudian di sini material vulkanik tersebut terombang-ambing oleh ombak hingga akhirnya terkikis dan berubah menjadi debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi pantai dan dengan mudah dapat diterbangkan oleh angin. Karena proses yang secara terus-menerus tersebutlah hingga terbentuk gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Gumuk Pasir Parangkusumo tersebut akhirnya semakin melebar dan tinggi akibat tiupan angin secara terus-menerus.

Gumuk Pasir Parangkusumo atau dikenal dengan padang pasirnya Yogyakarta terbentuk selama ribuan tahun. Selain objek wisata, gumuk pasir ini juga dijadikan objek penelitian. Bahkan rencanaya Gumuk Pasir Parangkusumo akan dimasukkan dalam daftar Unesco World Heritage karena merupakan fenomena alam yang tidak biasa dan hanya ditemukan satu-satunya di Asia Tenggara. Memiliki luas sekitar 2 km dari muara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok bermain gumuk pasir parangkusumo yogyakartamenjadikan Gumuk Pasir objek yang indah bagi para fotografer. Area Gumuk Pasir Parangkusumo juga pernah dijadikan syuting film Wanita Berkalung Sorban, video klip Angnes Monica dan group band Letto. Tidak hanya itu, tempat ini juga dijadikan tempat pengambilan gambar untuk prewedding dan manasik haji sebagai contoh keadaan padang pasir di Mekah yang akan dirasakan oleh para rombongan haji.

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki suhu yang cukup ekstrim. Dimana ketika siang suhu sangat panas dan terik namun ketika malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin. Sedangkan pasir yang terdapat di area ini terbilang unik karena memiliki karakteristik yang sama dengan gurun pasir yang terdapat di Meksiko. Gumuk Pasir Parangkusumo juga dijadikan wisata yang seru untuk bermain ski pasir (Sandboarding). Dengan ketinggian sekitar 20 meter, pengunjung dapat meluncur sepanjang 200 meter. Terdapat pengaman untuk siku, lutut dan helm sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk meluncur.


4 Ratings   (1 Komentar)

Alamat Jalan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.31951300000003, -8.018361999999998
Hari operasional N/A
Jam operasional N/A
Harga tiket N/A
Transportasi N/A
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Gumuk Pasir Parangkusumo


Belum ada galeri untuk wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.
  • Gumuk Pasir Parangkusumo

    Pedro Indriyanto Hidup selalu memilih. Memilih ...


    Selengkapnya

    • 1
    • 0
    • lihat
    Pedro Indriyanto
  • Gumuk Pasir Parangkusumo

    spotdotco A place that @woodka_ should v ...


    Selengkapnya

    • 5
    • 0
    • lihat
    spotdotco

Review Spot Wisata

Gumuk Pasir Parangkusumo

4 Ratings   (1 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
100%
1 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik

Review Terbaru Spot Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo


  • (4 Ratings)

    Review Oleh : Anri Wahyu Cahyono

      06 Juli 2016 13:08:54

  Spot Wisata Sekitar

Tempat wisata sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo

  • Pantai Parangtritis Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Pantai Parangkusumo Parangkusumo, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Pantai Depok Depok, Bantul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Bukit Parang Endog/Bukit Paralayang Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Watu Lumbung Bukit Watu Lumbung, Parangtritis, Kretek, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi