Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Koleksi Nusantara dan Kebudayaan Jawa Terlengkap

Museum Sonobudoyo dulu adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Yayasan ini berdiri di Surakarta pada tahun 1919 bernama Java Instituut. Dalam keputusan Konggres tahun 1924 Java Instituut akan mendirikan sebuah museum di Yogyakarta. Pada tahun 1929 pengumpulan data kebudayaan dari daerah Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Panitia Perencana Pendirian Museum dibentuk pada tahun 1931 dengan anggota antar

Museum Sonobudoyo merupakan museum terlengkap di Indonesia setelah Museum Nasional di Jakarta yang memuat koleksi kesenian dan kebudayaan. Museum Sonobudoyo awalnya merupakan yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok yang bernama Java Institut yang berdiri tahun 1919 di Surakarta. Selanjutnya pada tahun 1924 berhasil mendirikan museum di Yogyakarta yang diberi nama Sonobudoyo. Pada awalnya museum ini mempunyai koleksi puluhan ribu artefak bersejarah.

Selanjutnya pada tanggal 6 November 1935, Museum Sonobudoyo diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII yang ditandai dengan candra sengkala “Kayu Kinayang Ing Brahmana Budha“. Museum ini di kelola oleh Kantor Sosial Bagian Pengajaran pada masa pendudukan Jepang. Selanjutnya setelah kemerdekaan museum Sonobudoyo ini dikelola oleh Pemerintah Provinsi DIY. Pada tahun 1974 Museum Sonobudoyo ini sempat diserahkan kepada Departeman Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian setelah adanya kebijaksanaan otonomi daerah, pengelolaan museum ini kembali diserahkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta.

Museum Sonobudoyo sekarang terbagi menjadi dua unit yang letaknya terpisah. Unit pertama museum ini terletak di dekat alun-alun utara keraton Yogyakarta ini memiliki bentuk bangunan rumah joglo bergaya Masjid Keraton Kasepuhan Cirebon yang dilengkapi dengan pendapa kecil dan besar, gandok kiri dan kanan Sedangkan Museum Sonobudoyo unit kedua terletak di daerah Wijilan.

Museum Sonobudoyo merupakan museum yang bersifat umum karena memuat sekiyar 10 jenis koleksi museum yang dikategorikan sebagai berikut: Teknologi, Geologi, Seni Rupa, Biologi, Keramologi, Etnografi, Filologika, Arkeologi, Numismatika dan Historika.

Senjata Keris merupakan salah satu jenis koleksi yang dimiliki oleh museum sonobudoyo ini. Tercatat sekitar 1200 buah keris yang menjadi koleksi dari museum ini yang berasal dari berbagai penjuru daerah nusantara. Keris –keris yang berada di museum ini mempunyai bentuk dan tipe yang bermacam-macam. Misalnya keris-keris Jawa yang berbentuk keris luk 7, keris luk 11, keris luk 13, keris lurus dan keris dengan berbagai macam pamor. Seanjutnya keris dari luar Jawa berasal dari Aceh yang berupa keris rencong, Mandau dari Kalimantan, keris dari Madura dan Bali serta keris dari Sulawesi. Museum ini juga mempunyai koleksi sebuah bahan baku pembuatan keris sekitar tahun 700 Masehi yang benama Wesi Buddha.

Terdapat juga koleksi yang berupa benda-benda peninggalan dari masa prasejarah sampai dengan masa datangnya Islam di Indonesia. Barang-barang koleksi tersebut seperti kapak batu, teracota, kubur batu, wayang, topeng, kain batik dan lain-lain. Terdapat juga koleksi unggulan yang berupa topeng emas Puspa Sarira yang terbuat dari bahan emas yang merupakan perwujudan dari Gayatri.

Museum Sonobudoyo ini juga menyimpan naskah dan buku-buku yang berhubungan dengan kebudayaan yang seringkali museum ini digunakan untuk tempat penelitian dan mencari referensi.


4 Ratings   (1 Komentar)

Alamat Jl. Pangurakan No.6, Gondomanan,Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
No telepon N/A
GPS koordinat 110.365241, -7.801501
Hari operasional Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu
Jam operasional Selasa - Kamis : 08.00 – 15.30 WIB Jumat : 08.00 – 14.00 WIB Sabtu & Minggu : 08.00 – 15.30 WIB
Harga tiket Dewasa Perorangan : Rp. 3.000,- Dewasa Rombongan : Rp. 2.500,- Anak–anak Perorangan : Rp. 2.500,- Anak–anak Rombongan : Rp. 2.000,- Wisatawan Asing : Rp. 5.000,- Pagelaran Wayang : Rp. 20.000,-
Transportasi Mobil, Motor
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Museum Sonobudoyo

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Museum Sonobudoyo


Belum ada galeri untuk wisata Museum Sonobudoyo.
Belum ada spot foto untuk wisata Museum Sonobudoyo.
Belum ada cerita untuk wisata Museum Sonobudoyo.

Review Spot Wisata

Museum Sonobudoyo

4 Ratings   (1 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
100%
1 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik

Review Terbaru Spot Wisata Museum Sonobudoyo


  • (4 Ratings)

    Review Oleh : Anri Wahyu Cahyono

      23 Juli 2016 10:24:22

  Spot Wisata Sekitar

Tempat wisata sekitar Museum Sonobudoyo

  • Benteng Vredeburg Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
    (5 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Museum Anak Kolong Tangga Gedung Taman Budaya lt. 2, Jl. Sriwedani no. 1 Yogyakarta
    (4 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Museum Biologi UGM Jl. Sultan Agung No.22, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Keraton Jl. Rotowijayan 1, Yogyakarta
    (5 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Oseng-Oseng Mercon Bu Narti Jl. KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Malioboro Jl. Malioboro, Yogyakarta
    (4 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Alun-Alun Kidul Jl. Alun-Alun Kidul Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Plengkung Gading Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (4 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Titik Nol KM Yogyakarta Jalan Panembahan Senopati, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi