Pantai Depok

Pantai Depok

Menikmati Hidangan Ikan Laut Segar

Pantai Depok menyajikan hidangan ikan segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya dalam nuansa khas restaurant pesisir. Tak jauh dari pantai ini, anda bisa menikmati panorama gumuk pasir satu-satunya di kawasan Asia Tenggara.

Berwisata ke pantai rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati seafood. Pantai Depok ini lebih kondang disebut dengan pusat jajan ikan lautnya. Citarasa wisata kuliner hasil laut semua bisa anda dapatkan disini. Berbagai jenis ikan laut tersedia disini dengan harga terjangkau seperti ikan kakap, cakalang, bawal, bandeng, tongkol, layur, kepiting, udang, pari, kerapu, cucut, cumi-cumi bahkan ikan hiu jenis kecil juga ada. Pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis ini merupakan pusatnya kuliner seafood di Jogja. Hal ini dikarenakan di Pantai Depok terdapat TPI atau tempat pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan.

Dipantai ini terdapat TPI atau tempat pelelangan ikan yang bergerak dalam sektor penangkapan ikan laut, jasa perdagangan laut dan jasa pengolahan laut. Maka tak heran bila anda berkunjung ke pantai Depok ini anda akan melihat kegiatan dan aktivitas yang dilakukan nelayan di area TPI tersebut.

Jika anda mengamati, ada beberapa perahu motor cadik merapat ke pantai setelah semalaman melaut mencari ikan. Bila anda dekati perahu tersebut maka anda akan dapat melihat tumpukan ikan dalam perahu tersebut. Jika anda menginginkan ikan segar, anda bisa bertransaksi ditempat nelayan tersebut langsung dengan harga yang besaing dengan harga ikan di pasar.

Kalau anda arahkan pandangan ke bagian lain maka akan menemukan sederet penjual ikan lengkap dengan berbagai jenis ikan siap menyambut kedatangan anda, anda tinggal memilih jenis ikan yang diminati dan pesan untuk dimasak sekalian sesuai permintaan anda, mau digoreng, dibakar, balado dan lainya. Setelah siap dan dan memutuskan untuk dimakan ditempat maka anda akan dipersilahkan menempati warung makan yang sudah disediakan.

Pantai Depok secara administratif berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keunikan berwisata di Pantai Depok adalah banyaknya tempat warung makan yang dibuat sedemikian rupa menghadap ke laut. Sehingga pengunjung yang menikmati makanan di warung tersebut sekaligus bisa menikmati pemandangan di laut lepas.

Setiap harinya nelayan yang pulang melaut akan berkumpul di TPI guna menjual hasil tangkapan mereka. Inilah saat yang tepat untuk berburu ikan, lobster, atau udang yang masih segar. Berhubung membeli langsung di nelayan, maka harganya pun lebih miring jika dibandingkan dengan membeli di pasar atau supermarket. Semakin pintar menawar, semakin miring harga yang didapatkan.

Setelah mendapatkan ikan yang sesuai selera, bawalah ikan-ikan tersebut ke warung-warung yang ada di pinggir pantai untuk diolah sesuai dengan selera. Nantinya pemilik warung akan mengolahnya dan Anda cukup membayar nasi serta biaya memasak.

Andaikata saat Anda datang tidak ada nelayan yang pulang melaut dan menjual ikan di TPI, Anda bisa langsung datang ke warung-warung seafood tersebut. Rata-rata mereka memiliki stock ikan segar. Silahkan pilih ikan atau tangkapan laut lainnya yang disukai, lantas biarkan koki memasakkannya untuk Anda. Asam manis? Bakar madu? Tumis lombok ijo? Sup? Tinggal sebut saja. Meski warung-warung tersebut terlihat sederhana Anda jangan salah sangka. Hasil olahan koki-koki lokat tersebut rasanya juara.

Tips berwisata di Pantai Depok

- Ketika sampai di pantai maka segeralah menuju kios kios ikan laut yang banyak berjejer di tempat tersebut

- Pilihlah berbagai macam ikan sesuai dengan selera dan keuangan anda, cara paling mudah dalam memilih ikan yang segar adalah dengan melihat matanya, masih jernih atau sudah kusam atau keruh, atau dibaui dan dipegang, kalau masih baru terasa kenyal.

- Bawalah ikan tersebut ke warung yang ada di sebelahnya agar dimasak sesuai permintaan anda.

- Untuk menghindari antrian panjang membeli dan memasak ikan maka akan lebih baik bila anda berkunjung ke pantai Depok ini pada pagi hari.

- Hindari berkunjung ke Pantai Depok ini pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon karena para nelayan pada hari itu libur melaut menurut kepercayaan masyarakat setempat.


0 Ratings   (0 Komentar)

Alamat Depok, Bantul, Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.292805555556, -8.01372222222222
Hari operasional Setiap hari
Jam operasional Setiap waktu
Harga tiket Rp. 5.000
Transportasi Mobil, motor, bus
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Pantai Depok

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Pantai Depok


Belum ada galeri untuk wisata Pantai Depok.
Belum ada spot foto untuk wisata Pantai Depok.
Belum ada cerita untuk wisata Pantai Depok.

Review Spot Wisata

Pantai Depok

0 Ratings   (0 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik
Belum ada review untuk wisata Pantai Depok.

  Spot Wisata Sekitar

Tempat wisata sekitar Pantai Depok

  • Pantai Parangtritis Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Pantai Parangkusumo Parangkusumo, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Gumuk Pasir Parangkusumo Jalan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (4 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Watu Lumbung Bukit Watu Lumbung, Parangtritis, Kretek, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Pantai Samas Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (5 Ratings)
      Lihat peta lokasi