Lava Bantal

Lava Bantal

Geo Heritage di Lava Bantal, Keindahan Batuan Vulkanik

Lava Bantal, Mengulik sejarah terjadinya pulau jawa. Di bibir Sungai Opak, bongkahan-bongkahan batu besar berwarna hitam mengkilap menyerupai bantal dan dipercaya sebagai bukti proses awal terbentuknya Gunung Api Purba di Pulau Jawa.

Spotunik.com - Lava Bantal diperkirakan sebagai gejala erupsi lelehan yang telah berumur lebih dari 30 juta tahun dan ditengarai sebagai cikal bakal gunung api di Pulau Jawa yang belakangan berkembang menjadi himpunan gunung api strato dengan erupsi eksplosif. Di sepanjang Pegunungan Selatan Pulau Jawa, singkapan ini tergolong langka dan terbaik. Sekaligus bisa dianggap sebagai representasi masa-masa awal pembentukan gunung api di Pulau Jawa.

Spotunik Lava bantal terbentuk akibat dari erupsi atau lelehan lava (eruptions with relatively low effusion rates) yang bersentuhan langsung dengan air laut. Proses pembekuan yang tiba-tiba akibat kontak langsung dengan air laut menyebabkan bentukan mineralnya tidak terpilah dengan baik. Namun, tubuh lavanya membentuk geometri mirip bantal. Di sinilah masyarakat mengenal sebagai lava bantal (pillow lava) - JalanJogja.com


0 Ratings   (0 Komentar)

Alamat Jalan Berbah - Prambanan, Berbah, Daerah Istimewa Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.4589706, -7.8081437
Hari operasional N/A
Jam operasional N/A
Harga tiket N/A
Transportasi N/A
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Lava Bantal

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Lava Bantal


Belum ada spot foto untuk wisata Lava Bantal.
Belum ada cerita untuk wisata Lava Bantal.

Review Spot Wisata

Lava Bantal

0 Ratings   (0 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik
Belum ada review untuk wisata Lava Bantal.