Wayang Kekayon

Wayang Kekayon

Sejarah wayang yang diperkenalkan mulai dari abad ke-6 sampai abad ke-20

Museum yang berdiri tahun 90-an ini menyimpan berbagai jenis wayang yang ada di Indonesia. Museum ini tak hanya mengoleksi jenis wayang yang biasa kita kenal seperti wayang kulit atau wayang golek saja, tapi juga menyimpan berbagai jenis wayang yang mungkin tidak dikenal orang awam, bahkan nyaris punah.

Pendiri Museum Wayang Kekayon adalah Soejono Prawirohadikusumo. Inspirasi museum diperoleh saat studi di Gronigen, Belanda pada tahun 1966-1967. Pada waktu itu seorang direktur Rijksmuseum, Amsterdam mengemukakan adalah dosa bila di Yogyakarta tidak memiliki museum wayang dan mendirikan museum pribadi bukanlah persoalan kaya atau berduit, tetapi persoalan motivasi, ketekunan, dan kesabaran.

Contoh konkret adalah seorang amtenar di Purworejo berbekal ketekunan yang luar biasa dapat mempunyai koleksi yang sangat besar dan bernilai; di kemudian hari dihadiahkan kepada Museum Nasional di Jakarta. Amtenar tersebut bukan seorang miliarder, dia hanya seorang pegawai biasa. Namun selama puluhan tahun dia membeli koleksi dari sisa gajinya. Keberhasilannya mengoleksi adalah berkat ketekunan, kesabaran, motivasi, dan panjangnya tahun.

Demikian ucapan direktur tersebut telah memberi inspirasi kepada sang pendiri untuk mewujudkan sebuah museum wayang di Yogyakarta. Setelah melalui waktu yang cukup panjang yakni seperempat abad kemudian Museum Wayang Kekayon pun akhirnya berdiri dan diresmikan oleh Gubernur DIY pada waktu itu yaitu Paku Alam VIII pada tanggal 5 Januari 1990. Museum mulai beroperasi sepenuhnya 1,5 tahun kemudian.

Museum Wayang Kekayon terletak di Jl. Jogja-Wonosari Km. 7 No. 277 Kecamatan Banguntapan, Bantul. Museum ini mengoleksi berbagai jenis wayang yang ada di Indonesia. Sebagai tujuan wisata seni budaya, museum ini juga memiliki fungsi pendidikan, wahana penelitian, dan rekreasi. Bangunan yang ada terdiri dari satu ruang auditorium dengan fasilitas audio visual yang digunakan untuk penjelasan awal bagi pengunjung.

Selain itu juga terdapat beberapa unit bangunan museum yang lebih kecil seperti gedung induk dengan arsitektur Jawa lengkap dengan kuncung, pendapa, longkang, peringgitan, ndalem dengan sarean tengah. Terdapat juga gedung pendapa yang luas dan dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan seperti acara pernikahan, pertemuan, latihan kesenian, dan paket wisata makan malam sembari menyaksikan pagelaran wayang.

Wayang merupakan kekayaan luhur budaya bangsa Indonesia yang patut kita banggakan. Terbukti atas pengakuan UNESCO atas wayang sebagai warisan pusaka dunia. Di komplek museum wayang seluas 1,1 ha ini dapat disaksikan ribuan wayang dari berbagai jenis, seperti wayang Purwa, Madya, Gedhoog, 100 Kurawa, dan lain-lain.

Juga terdapat aneka topeng, berbagai busana wayang, bahkan patung Wayang Wong ukuran sebenarnya, hingga berbagai jenis wayang yang nyaris punah, seperti wayang Madura, Sadat, Golek Thengul, serta berbagai wayang bersejarah yang sudah ratusan tahun hingga wayang modern seperti Wayang Perjuangan/Suluh dan wayang Republik yang sekarang sering dipentaskan.

Museum ini juga nyaman dan asri dengan taman parkir luas serta pendapa megah untuk perayaan pernikahan, pameran, pertemuan, sarasehan, dan lain-lain.

Kompleks Museum Wayang Kekayon terdiri dari:

- Museum Wayang, terdiri dari satu unit auditorium (tempat memberi informasi mengenal asal-usul dan klasifikasi wayang) dengan sembilan unit ruang pameran yang menggelarkan segala macam wayang yang pernah ada di Jawa, ditambah beberapa wayang dari luar Jawa dan mancanegara.

- Gedung induk dengan arsitektur khas Jawa.

- Sejarah dalam Taman terdiri dari bangunan-bangunan yang menggambarkan sejarah bangsa Indonesia sejak zaman manusia purba, pengaruh Austronesia, Hindu, era Majapahit, pengaruh Islam, Belanda, era Kartasura, era Mangkubumi, zaman Jepang, sampai proklamasi.

- Taman dan hutan mini merupakan lingkungan hidup yang ditata sesuai kaidah melindungi dan melestarikan flora dan fauna.

Lingkungan Hidup Kompleks Kekayon merupakan wahana sekaligus sarana belajar ekstrakurikuler mengenai mata pelajaran cinta lingkungan hidup dan kebudayaan bangsa. Sesuai dengan sengkalan yang terpancang pada gapura Lingkungan Hidup Kompleks Kekayon: Kekayon (7), Siaga (8), Angsti (9), Wiyata (1) yang artinya Lingkungan Hidup Kekayon siap memberi bimbingan/pendidikan. Bilangan tahun tersebut (1987) menunjukkan tahun selesainya bangunan-bangunan dalam kompleks museum.


5 Ratings   (1 Komentar)

Alamat Jl. Raya Yogya-Wonosari Km 7 No. 277 Wonosari Wonosari Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.413145, -7.815568
Hari operasional Selasa-Minggu
Jam operasional 08.00 - 15.00 WIB
Harga tiket Umum/pelajar Rp 7.000, Turis mancanegara Rp 10.000, Kamera Rp 10.000
Transportasi Motor, mobil, bus
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Wayang Kekayon

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Wayang Kekayon


Belum ada galeri untuk wisata Wayang Kekayon.
  • Wayang Kekayon

    niken nawang sari pendopo Museum Wayang Kekayon ...


    Selengkapnya

    • 0
    • 0
    • lihat
    niken nawang sari
Belum ada cerita untuk wisata Wayang Kekayon.

Review Spot Wisata

Wayang Kekayon

5 Ratings   (1 Komentar)
5 Bintang
100%
1 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik

Review Terbaru Spot Wisata Wayang Kekayon


  • (5 Ratings)

    Review Oleh : Prasetiyo

      05 Oktober 2016 09:54:48

  Spot Wisata Sekitar

Tempat wisata sekitar Wayang Kekayon

  • Yogyatourium Dagadu Djokdja Jalan Gedongkuning Selatan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Galaxy Waterpark Jl. Wonosari km.6 Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Bonbin Gembira Loka Jalan Kebun Raya No.2 Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta.
    (4 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Mbelinger Store Jl. Kebun Raya No.43, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi