Museum Affandi

Museum Affandi

Mengunjungi Istana Sang Maestro

Museum affandi adalah seluruh bagian dari kehidupan Affandi sebagai maestro seni lukis. Di wilayah tepi sungai Gajah Wong itu, Affandi hidup, berkarya, mentransformasikan ilmunya dan bersemayam di rumah abadinya.

 Affandi merupakan salah satu maestro lukis kotemporer yang terkenal di dunia. Lukisan potret dirinya merupakan salah satu masterpiece di antara hamparan lukisan karyanya yang terpajang di dalam rumah kediaman yang kemudian menjadi museum. Museum Affandi sendiri merupakan salah satu museum lukis di dunia dengan tempat penyimpanan terbaik.

Ketika berkunjung, Anda akan terkagum-kagum melihat lukisan di atas kertas dan kanvas, dengan cat air, cat poster, dan cat minyak yang berjumlah 300 buah. Koleksi lain Museum Affandi adalah mobil sedan Mitsubishi Gallant tahun 1975, sepeda Reliegh tahun 1975, lukisan keluarga, yaitu karya Maryati, Kartika, Rukmini, Juki Affandi, Didit, serta karya para seniman lainnya. Anda juga dapat menemui benda-benda koleksi pribadinya yang unik dan bernilai seni tinggi. Tak hanya itu, Anda dapat mengikuti sanggar lukis yang terbuka bagi umum, yang diadakan oleh museum.

Museum yang terletak di jalan Laksda Adisucipto No. 167 ini dibangun pertama kali pada tahun 1962 oleh sang Maestro Affandi. Konsep gedung yang menyerupai lembaran daun pisang merupakan ide Affandi yang ia dapat dari pengalaman masa kecilnya.

Pada awalnya, Ia membangun gedung pameran untuk memamerkan hasil karyanya, dan pada tahun 1974, secara resmi dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Prof. Ida Bagus Mantra. Gedung pameran kedua dibangun atas bantuan pemerintah pada tahun 1987 dan diresmikan pada tanggal 9 Juni 1988 oleh Mendikbud Prof. Fuad Hasan. Sedangkan gedung pameran ketiga dibangun oleh yayasan Affandi pada tahun 1997 dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 18 Mei 2000.

Sebagai pelukis maestro tingkat dunia, Affandi memiliki berbagai macam koleksi yang sebagian merupakan lukisan kertas, cat air, pastel, dan cat minyak dengan jumlah total sekitar 300 buah. Selain mengkoleksi lukisannya sendiri, Ia juga mengkoleksi lukisan karya teman-teman seprofesinya seperti Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, Muchtar Apin, Popo Iskandar dan lain-lain. Beberapa koleksi yang terdapat museum ini antara lain mobil sedan Mitsubishi Gallant tahun 1975, sepeda Reliegh tahun 1975, lukisan keluarga milik Maryati, Kartika, Rukmini, Juki Affandi dan sebagainya.

Atas dedikasi dan karyanya, Ia dianugerahi beberapa penghargaan yang tak pelak membuatnya sebagai salah satu maestro lukis di dunia. Salah satu penghargaan yang sempat Ia peroleh adalah pemberian gelar kehormatan ?Doctor Honoris Causa? dari Universitas Singapura.


4 Ratings   (1 Komentar)

Alamat Jl. Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.396333333333, -7.78294444444444
Hari operasional Senin - Sabtu
Jam operasional 09:00 - 16:00 WIB
Harga tiket Rp. 10.000 (anak), Rp. 20.000 (dewasa), Rp. 50.000 (WNA), Rp. 20.000 (kamera), Rp. 10.000 (kamera HP)
Transportasi Motor, mobil, bus
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Museum Affandi

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Museum Affandi


Belum ada galeri untuk wisata Museum Affandi.
  • Museum Affandi

    niken nawang sari kembali mengingat karya-karya ...


    Selengkapnya

    • 0
    • 0
    • lihat
    niken nawang sari
  • Museum Affandi

    Hijriyani Nugroho lukisan karya sang legenda Aff ...


    Selengkapnya

    • 5
    • 0
    • lihat
    Hijriyani Nugroho
Belum ada cerita untuk wisata Museum Affandi.

Review Spot Wisata

Museum Affandi

4 Ratings   (1 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
100%
1 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik

Review Terbaru Spot Wisata Museum Affandi


  • (4 Ratings)

    Review Oleh : Anri Wahyu Cahyono

      23 Juli 2016 10:23:38

  Spot Wisata Sekitar

Tempat wisata sekitar Museum Affandi

  • Museum Dirgantara Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi

  Hotel Wisata Sekitar

Hotel sekitar Museum Affandi

  • Java land hotel Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55281
    (0 Ratings)
      Lihat peta lokasi