Rumah Makan Legokan Ngancar

Rumah Makan Legokan Ngancar

Lezatnya Kuliner Ikan Air Tawar dari Tempuran Ngancar

Ikan gabus dan berbagai hidangan ikan air tawar dari Sungai Bedog dan Progo menjadi primadona kuliner sebuah rumah makan di daerah Ki Ageng Mangir Wonoboyo dulu berkuasa. Di tempat ini, kita juga menemukan kuliner unik nan langka.

Seakan tidak ada habisnya menjelajah kekayaan kuliner yang ada di Yogyakarta. Mulai dari pusat kota hingga pelosok daerah kita akan menemukan beragam jenis kuliner yang mampu memanjakan selera kita. Sekitar 20 km dari Kota Yogyakarta, atau tepatnya di kawasan Kabupaten Bantul bagian barat daya, kita dapat menemui sebuah tempat makan yang menyediakan beragam masakan ikan air tawar.

Tempat makan yang bernama Rumah Makan Legokan Ngancar tersebut menyediakan beberapa masakan yang cukup sulit ditemui di tempat lain, wader goreng, sambel welut, mangut ikan gabus, gabus goreng, welut goreng, lele goreng, udang goreng, gurameh goreng/bakar/asam pedas. Menu tersebut dilengkapi dengan sayur lompong, cha kangkung, sayur asam, daun ketela, dan urap beserta aneka sambel seperti sambel bawang, terasi, tomat, tempe dan sambal kecap. Sedangkan untuk minuman tersedia teh, jeruk (panas/es), soda gembira.

Mangut gabus adalah masakan dimana ikan gabus dimasak dengan kuah santan kekuningan, dengan aroma kencur dan bawang yang menyegarkan. Santan mangut rasanya gurih dan segar, meresap di daging lembut ikan gabusnya. ikan gabus punya tekstur daging yang lembut, juga rasa yang lgurih, benar-benar lezat disantap bersama nasi hangat.

Menu lain yang juga cukup sulit ditemukan di tempat lain adalah ikan keting goreng. Ikan keting bentuknya menyerupai ikan patin, tetapi ukuranya lebih kecil. Di Rumah Makan Legokan Ngancar, ikan tersebut disajikan dengan lalapan dan sambal mentah. Rasa dari ikan keting sangat gurih, pas jika dinikmati dengan pedasnya sambal mentah

Rumah Makan Legokan Ngancar berada tepat di pinggir sungai Progo. Sesuai namanya, RM Legokan Ngancar ini lokasinya ada di legokan (lembah) dekat tempuran Ngancar. Yang disebut tempuran Ngancar itu adalah pertemuan dua sungai yaitu Kali Bedog dan Kali Progo di dusun Mangir Kidul, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Selain masakannya yang juara, sausana sekitar rumah makan tersebut cukup enak. Rumah makan tersebut terdiri dari beberapa saung yang berada di bawah rimbun pepohonan. Terletak di pinggir sungai, angin selalu bertiup sepoi-sepoi semakin menambah nyaman seuasana.

Pengelola Rumah Makan Legokan Ngancar, Basri menyatakan bahwa hidangan menu di sini semuanya merupakan produk lokal. “Ikan-ikan yang kami hidangkan ini merupkan hasil tangkapan dari Sungai Progo.” ujarnya. Dia menceritakan, rumah makan ini mulai beroperasi sejak tahun 2007 paska tragedi gempa yang melanda Yogyakarta. Keberadaan rumah makan ini merupakan bagian dari upayanya untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Desa Wisata Mangir.

Mangir sendiri, bukanlah sebuah desa biasa di pinggiran Sunga Progo. Desa ini tidak bisa dipisahkan dari sejarah Ki Ageng Mangir yang merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah berdirinya Mataram—kerajaan cikal bakal Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman.

Mangir adalah dusun kecil yang ada jauh sebelum berdirinya Mataram dan tak pernah tunduk kepada Kerajaan Pajang. Ketika Panembahan Senopati mendirikan Kerajaan Mataram pada 1556, Dusun Mangir juga tak tunduk kepada kerajaan baru yang beribu kota di Kotagede, Yogyakarta, itu. Sejarah panjang Dusun Mangir tersisa dalam banyak situs sejarah yang dihormati warganya. Mulai dari situs Lembu Andini, Linggayoni, Batu Lumpang, Batu Gilang, hingga tentu saja petilasan Ki Ageng Mangir Wonoboyo.

Untuk menuju desa Mangir memang tidak terlalu mudah. Letaknya masuk cukup jauh dari jalan utama. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta tujuan anda di arahkan ke barat melalui jalan Wates. Sesampainya di peremptan Sedayu, belok ke kiri. Menyusuri jalan tersebut ke arah selatan hingga dijumpai Polsek Pajangan. Sesampainya disana ada jalan masuk desa ke arah kanan. Ikuti jalan tersebut hingga anda menemukan dusun Mangir. Rumah makan berada di ujung selatan Dusun.

Untuk harga makanan sangat terjangkau, mulai dari Rp 8.000 hingga hidangan yang paling mahal adalah sidat dengan harga Rp 120.000 perkilonya. Setiap harinya warung makan ini buka dari jam 10.00 hingga pukul 19.00.


0 Ratings   (0 Komentar)

Alamat Tempuran Ngancar, Mangir Kidul, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.2773, -7.9067
Hari operasional Setiap Hari
Jam operasional 09:00 WIB - 20:00 WIB
Harga tiket N/A
Transportasi N/A
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Rumah Makan Legokan Ngancar

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Rumah Makan Legokan Ngancar


Belum ada spot foto untuk wisata Rumah Makan Legokan Ngancar.
Belum ada cerita untuk wisata Rumah Makan Legokan Ngancar.

Review Spot Wisata

Rumah Makan Legokan Ngancar

0 Ratings   (0 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik
Belum ada review untuk wisata Rumah Makan Legokan Ngancar.