Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun di Perbukitan Menoreh

Air Terjun Kembang Soka letaknya di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Air terjun ini tergolong cantik dan unik karena airnya memiliki dua warna, yaitu warna putih dan hijau toska. Tak hanya airnya saja, bebatuan di sekitar air terjun ini pun memiliki dua warna berbeda, batuan dasar sungainya berwarna kuning dan batuan tebing di sebelah kiri air terjun berwarna merah. Nama Kembang Soka dipilih warga sebagai nama air terjun ini karena salah satunya sumbernya berasal dari sumber air bawah tanah, tempat banyak pohon kembang soka tumbuh di sekitarnya. Tak sulit untuk bisa sampai ke air terjun ini karena di sekitar pasar Jonggrangan sudah ada papan petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan menuju ke sana.

Satu lagi wisata alam di wilayah DIY yang patut dikunjungi, yakni air terjun Kembang Soka di Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Kembang Soka adalah air terjun yang berada di sebuah lembah yang diapit dua bukit.

Lokasi air terjun ini berada di kawasan perbukitan Menoreh, sekitar 35 kilometer arah barat dari pusat kota Yogyakarta. Berada di perbukitan yang masih sangat asri dan berada jauh dari perkotaan menjadikan suasana air terjun sangat sejuk dan segar.

Keistimewaan dari air terjun ini adalah memiliki air yang jernih dan ketersediaan air sepanjang tahun. Selain airnya yang jernih dan selalu ada sepanjang tahun, hal lain yang membuat air terjun Kembang Soka menarik adalah keberadaan beberapa kolam alami. Kolam tersebut bisa digunakan para pengunjung untuk berenang menikmati segarnya air di pegunungan Menoreh tersebut.

Di air terjun tersebut terdapat sekitar dua kolam (kedung) yang mempunyai kedalaman sekitar satu setengah meter. Untuk mencapai lokasi air terjun Kembang Soka, pengunjung harus berjalan sejauh 300 meter dengan medan yang cukup terjal. Tapi para pengunjung tidak usah khawatir, di sepanjang jalur yang menurun tersebut, pengelola telah menyiapkan beberapa gazebo dan bangku untuk beristirahat, jika pengunjung merasa kelelahan. Selain itu pihak pengelola juga menyiapkan sebuah bagunan gardu pandang untuk mnyaksikan keindahan Kembang Soka dari atas bukit.

Harap hati-hati saat menuruni lembah apalagi setelah hujan, kondisi jalan agak licin. Sepanjang jalur menuju air terjun tidak usah khawatir kehausan, ada beberapa shelter untuk istirahat dan penjual makanan-minuman didekatnya.

Air terjun Kembang Soka pertama kali dibuka akhir Januari 2015. Meskipun baru di buka untuk umum, jika hari libur air terjun tersebut cukup ramai dikunjungi. Hal tersebut tak lepas dari keberadaan media sosial yang dengan cepat membuat tempat ini menjadi terkenal.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena hanya dengan membayar uang parkir dan tiket masuk sebesar Rp. 4 ribu anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun Kembang Soka.

Di area air terjun masyarakat setempat juga menyediakan ruang ganti dan toilet. Anda juga tidak usah khawatir lapar dan kehausan, karena di lokasi tersebut terdapat beberapa warung yang menyediakan beragam jenis makanan dan minuman.


5 Ratings   (1 Komentar)

Alamat Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta
No telepon N/A
GPS koordinat 110.117804, -7.766972
Hari operasional Senin - Minggu
Jam operasional 06 : 00 - 18 : 00 wib
Harga tiket Rp 3.000
Transportasi mini bus, motor
  Peta Lokasi Wisata

Peta Lokasi Air Terjun Kembang Soka

  Rute Lokasi Wisata

Rute menuju Air Terjun Kembang Soka


  • Air Terjun Kembang Soka

    niken nawang sari air terjun berwarna biru yang ...


    Selengkapnya

    • 0
    • 0
    • lihat
    niken nawang sari

Review Spot Wisata

Air Terjun Kembang Soka

5 Ratings   (1 Komentar)
5 Bintang
100%
1 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login Spotunik

Review Terbaru Spot Wisata Air Terjun Kembang Soka


  • (5 Ratings)

    Review Oleh : Anri Wahyu Cahyono

      28 Juli 2016 18:18:18

    istimewa spotunik

  Spot Wisata Sekitar

Tempat wisata sekitar Air Terjun Kembang Soka

  • Air Terjun Setawing Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta
    (3 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Curug Grojogan Sewu Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta
    (4 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Air Terjun Grojogan Mudal Dusun Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta
    (4 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Air Terjun Kedung Pedut Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
    (5 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Goa Kidang Kencono Sabrang kidul, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta
    (4 Ratings)
      Lihat peta lokasi
  • Goa Kiskendo Jatimulyo, Girimulya, Kulon Progo, Yogyakarta
    (3 Ratings)
      Lihat peta lokasi