Travel Story Detail

Menikmati Danau di Atas Awan Kulon Progo



Yogyakarta seakan tidak habis dalam hal keindahan alam dan spot-spot wisata yang beragam, mulai dari pantai, gunung, bukit, goa, budaya, kuliner, museum, dll. Semua tertata dan dikelola dengan baik sehingga meningkatkan aset dan potensi pariwisata kota tercinta ini. Hampir setiap wilayah kota ini memiliki keindahan wisata yang ditawarkan, salah satunya wilayah Kulon Progo. Ada banyak tempat wisata dan beragam spot unik di Kulon Progo, namun yang akhir-akhir ini yang sedang terkenal dan membuat saya penasaran adalah Kalibiru. Wisata kalibiru merupakan tempat dimana kita bisa menikmati keindahan danau yang diapit diantara perbukitan. Danau ini lebih tepatnya merupakan waduk atau tempat penampungan air. Namun, oleh pemda setempat dijadikan objek wisata yang sangat potensial dan begitu produktif.

Objek wisata Kalibiru sebenarnya merupakan desa wisata yang terletak di deerah Sermo, Hargowilis, Kokap, KulonProgo. Untuk menuju ke tempat ini, anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Kalibiru terletak di wilayah waduk Sermo, sehingga ketika anda dari Jogja langsung menuju ke arah Wates, kemudian langsung kearah waduk Sermo lalu lihat petunjuk jalan ke Kalibiru. Dari waduk Sermo, jalan menuju ke Kalibiru cukup menanjak dengan tikungan yang tajam dan curam. Jadi jika anda membawa sepeda motor sebaiknya anda pastikan memeriksa kendaraan motor anda dalam keadaan normal. Jalannya tidak cukup lebar sehingga hanya muat satu mobil dan tidak bisa digunakan untuk bersimpangan 2 mobil.

Di wilayah Kalibiru ini sudah terdapat berbagai fasilitas yang telah disediakan pengelola. Anda tidak perlu khawatir dalam hal makanan, disini ada banyak penjual makanan. Selain itu, sudah disiapkan banyak tempat menginap bagi pengunjung yang ingin menikmati sunrise diantara spot unik perbukitan Menoreh. Ada pula beberapa fasilitas out bound bagi anda yang berminat yang sempat juga saya coba.

Baca juga: Kemilau Langit Senja Di Waduk Sermo Wates

Spot unik yang paling dicari di tempat ini adalah berfoto diatas pohon dengan background lanskapper perbukitan menorah dengan waduk Sermo ditengahnya. Saya pun tidak mau ketinggalan, foto seperti yang biasa saya temui di Google atau instagram milik teman yang akhirnya ada di instagram saya dengan objek fotonya saya sendiri dengan latar pemandangan perbukitan manoreh. Untuk dapat berfoto disini, anda tidak perlu khawatir tidak mebawa kamera karena pengelola telah menyediakan jasa foto dengan kualitas yang cukup bagus. Anda pun bisa minta rekomendasi spot unik lain untuk berfoto di daerah sekitaran kalibiru.


Review Terbaru


  • Review Oleh : Anri Wahyu Cahyono

      11 Juli 2016







Komentar

5 Ratings  (1 Komentar)
5 Bintang
100%
1 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar