Travel Story Detail

Keunikean Kuliner Sate Kere Pasar Beringharjo, Apa Rahasianya?



Siapa bilang hang out bareng teman – teman harus di tempat yang elite dan bonafid? contohnya saya nih, meski masih abege tanpa tendensi gengsi sering banget ketika berbelanja di Pasar Beringharjo menyambangi tempat ini. Sate Kere, terletak di Pasar Beringharjo, tepatnya di emperan sisi selatan Pasar Beringharjo. Rasanya emang ajib banget gaes, apa ya kira-kira rahasianya?

Entah kenapa di sebut dengan Sate Kere, apakah setelah makan sate ini kita terhindar dari ke-kere-an / kemiskinan, tolak bala atau apa, entahlah. Yang pasti kepulan asap siang itu membawa kaki saya melangkah menuju deretan penjual sate yang sedari tadi terlihat sibuk melayani dengan ramah para pembelinya.

Sate Kere ini menjadi salah satu panganan khas Beringharjo yang banyak diburu pengunjung pasar. Sate Kere sendiri adalah sate yang terbuat dari lemak sapi atau kadang orang menyebutnya dengan gajih. Nah karena berbahan baku gajih inilah, ketika dibakar aroma sate ini menghasilkan asap yang begitu banyak dengan aroma khas yang membuat banyak orang penasaran dengan rasa panganan sate ini.

Nah, apa rahasianya sate ini dapat menghasilkan aroma yang khas tersebut? menurut Bu Ponijah (48) beliau ini sudah berjualan di sekitar emperean Beringharjo ini terbilang lama, menurut penuturannya gajih yang akan di jadikan sate tersebut diberi bumbu, setelah dipotong baru kemudian dibakar. Bumbu yang beliau gunakan terbuat dari bawang putih, merica, ketumbar, gula jawa, dan beberapa bumbu lainnya, "ujarnya.

Untuk menghemat waktu, proses pemberian bumbu tersebut dilakukan dirumah, jadi ketika sudah sampai Beringharjo ketika ada pembeli tinggal membakar saja sesuai dengan pesanan dari pembeli. Yang bikin menarik nih, Sate koyor yang telah diberi bumbu dan dibakar tersebut berwarna kuning keemasan yang membuat saya benar-benar tergoda.

Selain sate Kere, ada juga sate daging sapi, hati, ginjal sapi, bumbu yang digunakan adalah bumbu dendeng. Efek dari penggunaan bumbu dendeng inilah yang akhirnya menciptakan sate dengan cita rasa gurih dan manis, meski bahan utamanya adalah koyor, tetapi ketika kita nikmati tidak meninggalkan kendal di tenggorokan.

Tunggu apa lagi? kalau kalian pas lagi di Beringharjo dan melihat kepulan asap dengan bau menyengat aroma khas, itulah sate kere!


Review Terbaru

  • Wah boleh ni om/mbak admin. Akhir bulan tetap bisa makan enak. Hihi. #anakkos

    Review Oleh : Anri Wahyu Cahyono

      29 Maret 2016







Komentar

4 Ratings  (1 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
100%
1 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar