Travel Story Detail

Menikmati Biota Laut Di Pantai Krakal Gunung Kidul



Sebelum di buka pantai-pantai baru di daerah Gunungkidul. Masyarakat di sekitar Jogjakarta hanya mengenal pantai BKK atau Baron, Kukup, Krakal. Ketiga pantai terletak bersebelahan dan mempunyai keunikan masing-masing. Dulu saya pernah ke Pantai Krakal, itupun masih terlihat alami dan belum ada banyak pembangunan. Ada beberapa teman yang bilang kalau wisata unik Yogyakarta ini sudah banyak berubah dan sudah dilakukan banyak perbaikan. Oleh karena itu saya berkeingiann untuk mengunjungi Pantai Krakal lagi. Untuk menuju ke Pantai Krakal dari Kota Jogja dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Rute menuju ke Pantai Krakal sangatlah mudah. Sudah banyak petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Krakal. Jalan yang ditempuh pun sudah beraspal semua. Tak seperti pantai-pantai baru di Gunungkidul yang masih menggunakan jalan cor. Nanti dari arah Kota Jogja, anda tinggal menuju ke Kota Wonosari. Nanti akan ada petunjuk jalan yang menuju ke arah Pantai Baron, Kukup dan Krakal. Pantai Krakal bisa menjadi spot liburan asik buat kamu. Apalagi buat kamu yang suka mencari tumbuhan-tumbuhan laut.

Jika kamu ingin berenang di pantai dengan bebas, Pantai Krakal bukan tempatnya. Seperti namanya, Krakal yang berarti banyak krakal atau batu karang, tapi memiliki garis pantai yang panjang. Wisata Jogja Pantai Krakal ini sering digunakan oleh mahasiswa biologi untuk mencari terumbu karang atau tumbuhan laut. Disini memang banyak sekali ditumbuhi oleh biota laut. Seperti rumput laut, alga dan masih banyak lainnya. Hal ini dikarenakan jenis karang yang tumbuh di tepi pantai. Kalau laut sedang surut, kamu bisa melihat tanaman laut itu dengan jelas.

Fasilitas di pantai krakal sudah lengkap. Dari kamar mandi, warung makan, dan tempat parkir. Pantai ini memiliki pasir putih dan batu karang yang mengelilinginya. Jika datang ke spot wisata Yogyakarta ini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Pantai Krakal yang dibuat oleh masyarakat sekitar. Ada kerajinan dari kerang berupa bros atau patung. Selain itu jangan lupa untuk membeli keripik ulva atau keripik rumput laut. Makanan ini wajib dicicipi ketika mengunjungi Pantai Krakal.



Komentar

4 Ratings  (1 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
100%
1 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar