Travel Story Detail

Debur Ombak Yang Bergemuruh Menyapu Karang Dan Sisian Pantai Wediombo



Spotunik.com - Saat sedang penat pikiran karena aktifitas kerja yang menjenuhkan, tentu meluangkan waktu untuk liburan ke pantai bisa menjadi salah satu alternatif yang menyenangkan. Dengan deburan ombak yang bergemuruh menyapu sisian pantai Wediombo, memecah karang yang melintang dan angin pantai yang begitu sejuk. Ditambah dengan suguhan sunset di ufuk barat dengan mega kuning menyeruak diangkasa membawa kesan romantis khususnya bagi para pasangan kekasih yang sedang dimabuk asmara.

Menikmati hari libur yang tenang bermain dengan pantai yang indah adalah dambaan setiap insan, terkadang aku kagum akan pantai. Tentang ombak yang setia ada, tentang sejuk yang menyapa, semua tentang pantai membuat aku selalu kagum. Sebagian lelahku dan bosanku tertawar di sini. Suasananya masih sangat tenang dan alami ditambah dengan panorama alam yang menawan, keindahan itu dibalut dengan tiupan angin berpadu dengan deburan ombak yang menggulung beberapa meter keatas memecahkan keheningan. Sehingga dengan keindahannya yang demikian pantas saja kalau banyak orang juga terkagum-kagum. Di pantai ini terdapat banyak sekali pemandangan yang tak boleh kita lewatkan dari pandangan mata kita.

Meski bernama Wediombo yang berati luas, namun sebenarnya pantai ini tidak begitu luas. Meski demikian pantai Wediombo merupakan salah satu pantai yang paling di cari di Gunungkidul. Salah satu daya tarik utama pantai ini adalah batu-batu karang yang biasa digunakan untuk memancing ikan. Kegiatan memancing ikan di atas batu karang di pantai Wediombo dulunya hanya dilakukan oleh penduduk setempat. Namun, kini banyak penggemar mancing yang sering menghabiskan waktu di pantai ini.

Selain itu, pantai Wediombo juga memiliki laguna sebuah “kolam renang” alami yang sering dijadikan tempat berenang oleh pengunjung. Laguna ini merupakan batuan karang yang melingkar menyerupai kolam renang dengan volume air yang stabil tidak begitu pasang. Letak laguna ini berada di sebelah pinggir pantai dan dipisahkan oleh batu karang.

Pantai Wediombo biasanya akan ramai dikunjungi oleh wisatawan di sore hari dan hari-hari libur. Tak jarang panti ini juga menjadi lokasi utama upacara adat warga setempat. Upacara adat ini biasa disebut sedekah laut atau Ngalangi, yakni ucapan rasa syukur dari warga setempat kepada sang pencipta atas hasil panen yang berlimpah serta memohon rezeki yang lebih lagi di tahun mendatang. Panen yang dimaksud bisa berupa hasil tangkapan laut maupun hasil ladang atau sawah.

Selain untuk upacara adat warga setempat, Pengunjung yang datang ke pantai Wediombo biasanya menghabiskan waktu dengan berenang dan bermain-main pasir, selain tentu saja memancing ikan dari atas batu karang. Dibandingkan pantai-pantai lain di Gunungkidul suasana pantai Wediombo ini masih cenderung sepi. Untuk kamu yang ingin mencari tempat untuk menenangkan diri ala pantai, pantai Wediombo bisa menjadi pilihan yang pas.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan di Pantai Wediombo:

1.Spot Memancing


Jika pengunjung ingin memancing di pantai Wediombo harus memiliki mental yang kuat, sebab lokasi memancing terletak di ketinggian bukit karang dengan terjangan gelombang yang begitu besar. Cukup menantang dan menguji nyali bukan? Karena lokasinya yang menantang dan ikannya yang banyak, spot memancing pantai Wediombo ini juga pernah dijadikan lokasi syuting acara memancing salah satu stasiun televisi di Indonesia.

Meski harus menempuh rintangan, hasil memancing di pantai Wediombo cukup memuaskan. Karena dikawasan ini para pemancing biasa mendapatkan ikan-ikan yang berukuran besar. Salah satu jenis ikan yang biasa didapat adalah ikan cucut atau biasa disebut ikan panjo. Untuk umpannya sendiri pengunjung tak perlu khawatir karena hanya dengan merentangkan jaring kecil ditepian pantai, pengunjung bisa mendapatkan umpan berupa ikan teri.


2. Spot Surfing


Tak hanya menawarkan hamparan pantai berpasir putih dan gugusan karang yang masih alami. Ombak di Pantai Wediombo juga sangat bagus, sehingga pengunjung bisa berselancar di atasnya sembari menikmati senja yang mempesona.

Sejak satu tahun terakhir ini Pantai Wediombo juga berkembang menjadi salah satu tempat berkumpulnya para "pemburu ombak" guna bercumbu dengan ombaknya yang katanya paling baik di Yogyakarta. Tipe ombak di Pantai Wediombo cenderung stabil dan tidak berubah-ubah karena pantai ini berbentuk menyerupai teluk yang dikelilingi bukit karang. Datanglah pada akhir pekan karena pada saat itu biasanya Wediombo ramai didatangi peselancar dari berbagai daerah.

3. Sunset Seeing


Dibandingkan dengan beberapa pantai yang ada di Gunung kidul, bisa dibilang bahwa pantai Wediombo memiliki panorama sunset yang paling bagus. Hal tersebut dikarenakan pantai Wediombo menghadap ke barat sehinggan matahari tenggelam di horizon. Waktu terbaik menyaksikan sunset di pantai wediombo pada bulan November - Mei karena pada saat itu matahari condong ke sisi selatan bumi.

4. Tempat Berenang


Tidak banyak yang tahu bahwa di deretan karang sisi selatan Wediombo terdapat ceruk yang menyerupai laguna kecil yang diapit batu-batu karang sehingga saat laut surut bisa digunakan untuk berenang.Namun ketika air laut pasang jangan sekali-kali berenang atau berfoto di atas karang ya, berbahaya!

5. Spot Selfie


Bagi kalian yang belajar memotret atau hobi hunting foto, khususnya landscape, kamu bisa mengasah skill mu disini. Mau memotret milky way, memotret senja, memotret ombak dengan teknik slow speed, atau bahkan memotret orang-orang yang sedang berselancar, semua bisa. Karena Wediombo merupakan lokasi yang asyik untuk hunting foto, kamu bisa mengambil foto gugusan karang dari sudut-sudut yang menarik hingga tercipta bentuk sphinx.

Lokasi Pantai Wediombo :
Desa Jepitu kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DIY

Harga Tiket :
Tiket masuk: Rp 5.000
Parkir motor Rp 2.000: menginap Rp 4.000
Parkir mobil Rp 5.000: menginap Rp 10.000



Komentar

4 Ratings  (1 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
100%
1 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar