Travel Story Detail

Pantai Pasir Putih di Gunung Kidul Yang Serasa Pantai Sendiri



Mungkin belum banyak dari kamu yang tahu tentang Gunung kidul atau pergi kesana. Tapi, kalau memang berencana berakhir pekan di Jogja, lebih baik sekalian mampir ke Gunung kidul. Perjalanan dari Jogja sekitar dua jam dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Belum lama ini saya mengunjungi sebuah pantai yang menurut saya cantik dan unik, namanya Pantai nguyahan. Kalau dalam bahasa jawa nguyahan itu asal kata dari uyah, nah uyah ini artinya garam. Tapi ternyata nama nguyahan tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan garam :)

Lokasi Pantai Nguyahan
Pantai Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sekitar 65 Kilometer sebelah Tenggara Kota Yogyakarta. Dengan lama perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Yogyakarta.

Kalo saya menyebut Pantai Nguyahan sebagai Rio de Jeneiro de Gunung Kidul hehehe…Kenapa begitu? sewaktu melihat Pantai Nguyahan pertama kali, pikiran saya langsung tertuju pada bukit Sugarloaf di Rio De Janeiro Brazil sana. Sontak saya langsung teriak “Wow…Pasir putih plus ombak yang memukau membuat Pantai Nguyahan ini tampak sangat indah. Garis pantainya juga lebih panjang dibanding Pantai Ngobaran dan Ngrenehan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk ke kedua pantai ini terbilang murah, yaitu sekitar Rp. 5.000 per orang.

Akses
Akses untuk mencapai kedua pantai Gunung Kidul ini relatif mudah, karena masih berada pada jalur ke Pantai Siung. Sudah ada petunjuk jalan yang dibuat penduduk setempat menuju ke Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Namun ketika akan sampai di lokasi pantai, jalan menjadi relatif kecil dan rusak. Disamping itu, belum tersedia angkutan umum menuju ke kedua pantai tersebut.

Akomodasi dan Fasilitas
Fasilitas-fasilitas di Pantai Nguyahan masih sangat terbatas. Belum ada penginapan di sekitar wilayah pantai. Warung-warung yang ada juga berupa warung tradisional. Disarankan agar Anda membawa bekal sendiri. Namun tersedia fasilitas berupa lahan parkir, kamar mandi dan toilet, serta tempat ibadah.



Komentar

4 Ratings  (1 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
100%
1 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar