Travel Story Detail

Embung Nglanggeran, Tempat Sempurna Untuk Menangkap Cantiknya Sunrise di Yogyakarta



"Warna lembayung yang menggelayut di langit sanggup memukau siapa saja yang melihatnya. Kamu pun pasti pernah berusaha mengabadikannya lewat lensa kamera". 

Kalau ada yang bertanya dan ingin menikmati sunrise di Jogja, yuk saya ajakin ke Gunung Api Nglanggeran mau? ada yang magis dalam proses terbit dan tenggelamnya matahari. Sebelum ilmu pengetahuan berkembang seperti sekarang, nenek moyang kita mengarang berbagai cerita tentang kemana perginya sang surya saat senja.

Gunung Api Nglanggeran, salah satu ikon wisata di kawasan Gunung kidul, yang saat ini dijadikan tempat wisata alam dan cukup menarik untuk didaki. Tak hanya saya yang suka menikmati pemandangan alam, tetapi banyak anak muda dari berbagai kota yang juga tertarik untuk melihat keindahan yang ada di Gunung Api Nglanggeran. Bahkan banyak juga yang sengaja datang beramai-ramai untuk camping di Gunung Api Nglanggeran.

Ada yang menarik tiap kali saya kesana, entah kenapa setiap sampai di puncak Gunung Api Nglanggeran ini, selalu saja disambut oleh seekor kera putih yang seolah sengaja menunggu kedatangan saya ketika sampai di puncak. Dengan ketinggian 200-700 relatif rendah dan mudah untuk didaki, menjadikan Gunung Api Nglanggeran ini digemari para pendaki pemula.

Tracking untuk sampai dipuncak pun tidak terlalu sulit, hanya saja yang paling berkesan menurut saya adalah ketika melewati sebuah gua yang hanya bisa dilalui secara bergantian, dan gua itu sendiri terbilang sempit menurut saya. So, bagi yang memiliki lemak berlebih, diet dulu yaa biar muat lewat disana..heheheee..Tapi jangan khawatir kalaupun tidak bisa melewati jalan tersebut, masih banyak ko jalan lain menuju puncak...eaaaaaa 

Lalu, apa saja sih yang bisa dinikmati di Embung Nglanggeran? Yang pertama tentu menikmati pesona sunset. Bisa dibilang tempat ini menjadi salah satu lokasi tepat untuk menangkap momen matahari terbenam Kalau bisa, datangnya saat cuaca cerah ya atau sekitar jam 4 sore. Disaat itulah pancaran matahari yang sudah tidak terlalu panas memancarkan warna keemasan. Dengan background pepohonan hijau yang begitu rindang serta bukit kapur yang mengelilinginya membuat paduan objek dalam foto terlihat spektakuler.

Di puncak timur kamu bisa menyaksikan matahari terbit, sementara untuk berburu sunset, ke puncak baratlah kamu harus menuju. Tapi, tak jauh dari kedua puncak itu ada Embung Nglanggeran yang gak kalah menarik. Menjelang malam, telaga buatan yang dulunya adalah Gunung Gandu ini memantulkan cahaya lembayng senja di permukaannya, memukau siapa saja yang menyaksikannya.

Nah, itu lah tempat yang sempurna untuk menikmati sunrise dan sunset di Yogyakarta. Apakah kamu punya tempat rahasia yang bisa direkomendasikan ke traveller lain?



Komentar

3 Ratings  (1 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
100%
1 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar