Travel Story Detail

Sisi lain Candi Plaosan dimalam hari



Traveler, pernah ke Candi Plaosan? biasanya kalau kesana siang, pagi, atau sore nih? kalau saya sendiri biasanya siang menjelang sore gitu ya, jadi view nya ketika memotret dapat pemandangan serta bongkahan-bongkahan batu di Candi Plaosan. Betewe pernah ke Candi Plaosan malam hai belum nih?

Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan.

Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang,atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.

Kompleks Candi Plaosan Lor memiliki dua candi utama. Candi yang terletak di sebelah kiri (di sebelah utara) dinamakan Candi Induk Utara dengan relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita, dan candi yang terletak di sebelah kanan (selatan) dinamakan Candi Induk Selatan dengan relief menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki.Di bagian utara kompleks terdapat masih selasar terbuka dengan beberapa arca buddhis. Kedua candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara serta 50 buah candi perwara, juga parit buatan.

Candi Plaosan ini biasanya didatangi para pemburu sunset pada sore hari. Tapi ternyata keindahannya bisa juga diabadikan pada malam hari. Meskipun cahaya lampu penerangan candi ini cukup terang,kita masih bisa mendapatkan background benda-benda langit yang cukup terang seperti Bulan, Venus dan Jupiter.

Untuk pertama kalinya mengunjungi Candi Plaosan pada malam hari, memang tidak seramai pada siang hari serta hari-hari libur. Namun bagi para pemburu foto seperti saya, rasanya penasaran ketika mengambil gambar di Candi Plaosan pada malam hari, ternyata hasilnya tidak begitu mengecewakan. Ini nih yang berhasil saya ambil gambarnya.

Candi Plaosan

Candi Plaosan 

Untuk bisa mendapatkan foto seperti itu, kita harus mempelajari kapan benda-benda langit yang terang itu muncul dan tenggelam. Kita bisa menggunakan software seperti Stellarium untuk mengetahui waktu dan posisi benda-benda langit tersebut.

Selain memotret ditemani benda-benda langit, kita juga bisa lho memotret galaxy bimasakti atau milkyway di sekitaran Candi Plaosan ini, walaupun kalo menurut saya polusi cahaya yang disebabkan oleh lampu candi ini cukup mengganggu.

Untuk exposure 30 detik dan ISO 1600 seperti biasa kalau kita memotret bimasakti, maka kita akan mendapatkan gambar dengan lampu candi yang sangat terang. Foto ini sudah sedikit diolah di Lightroom agar bimasakti bisa lebih terlihat. Saya belum cukup mahir untuk bisa membuat penampakan bimasaktinya lebih jelas lagi. Jika anda pintar mengolahnya, mungkin bisa memdapatkan gambar yang jauh lebih bagus dari ini.

Mari memotret :)


Review Terbaru


  • Review Oleh : Tamara tio

      12 Juli 2016


  • Review Oleh : Anri Wahyu Cahyono

      11 Juli 2016







Komentar

4 Ratings  (2 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
100%
2 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar