Travel Story Detail

Berkunjung Ke Salah satu Pantai di kawasan Gunung Kidul Yang Bebas Sampah, Pantai Indrayanti



"Kalau mau jujur, sebenarnya yang namanya tempat wisata tak jauh-jauh dari kesan ramai, kumuh dan jorok. Tapi bagaiamana bisa, ada satu pantai di Jogja yang justru sangat bersih, asri dan indah. Suatu hal yang sulit dipercaya.

Kali ini saya menyambangi sebuah destinasi yang relatif baru di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Pantai Indrayanti. Unik ya namanya, seperti nama seorang perempuan. Pantai Indrayanti merupakan sebuah pantai di Yogyakarta yang jauh dari sampah. Keadaan ini membuat Pantai Indrayanti seperti pantai-pantai di luar negeri. 

Meski tempatnya pelosok, namun jalanan menuju ke sana sangat mulus. Jalanan menyempit saat akan sampai di kawasan pantai. Sebenarnya pantai Indrayanti termasuk dalam deretan Pantai Selatan Laut Jawa, berdekatan dengan Pantai Baron, Krakal, Kukup, Drini dan sebagainya. 

Ada beberapa rute yang bisa kita dilalui untuk mencapai pantai ini. Sengaja saya mengambil rute dari Jogja melewati Kota Wonosari (Ibu Kota Kab Gunung Kidul). Jalanan menuju Wonosari memang cukup padat siang itu, namun tak cukup meruntuhkan semangat saya menuju ke sana. Kenapa, karena jika kita banyak waktu, maka kita akan bisa singgah di beberapa spot dengan view yang sangat mempesona. Kita bisa singgah di Bukit Bintang, banyak resto dan lesehan di sana. Sambil makan, kita bisa menikmati pemandangan Kota Jogja dari atas ketinggian. Dan masih ada beberapa spot lainnya yang tak kalah menarik.

Namun karena terbatasnya waktu, saya lewatkan kesempatan itu. Saya tancap gas menuju Wonosari dan menembus tanjakan, kelokan, perkampungan khas Gunung Kidul, hutan jati, perbukitan karst dan akhirnya sampailah di Indrayanti.

Menurut beberapa informasi yang saya baca di internet, mengatakan bahwa Pantai Indrayanti ini sangatlah bersih dibanding dengan pantai-pantai yang lain. Daripada hanya skeptis membayangkan seperti apa bersihnya dan apa kata orang. Akhirnya bisa membuktikan sendiri kesana. Dan memang benar kalau pantai ini bersih. Penyebabnya tak lain adalah sanksi pengelola pantai yang tegas terhadap wisatawan yang membuang sampah sembarangan.

Saya rasa jika semua pengelola pantai menerapkan sanksi seperti yang diberlakukan di pantai Indrayanti. Barangkali juga akan sama bersihnya dan tertata lebih baik. Dan tentunya jika kawasan wisata nya bersih pasti antusias wisatawan untuk berkunjung semakin tinggi.

 

 

 


Review Terbaru


  • Review Oleh : zoesuf@gmail.com

      22 Juli 2016


  • Review Oleh : Tamara tio

      21 Juli 2016







Komentar

4 Ratings  (2 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
100%
2 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar