Travel Story Detail

Berburu Matahari Senja Di Puncak Gunung Ireng



Ketika mengunjunggi Gunungkidul jangan hanya mengujungi pantainya saja. Tetapi cobalah untuk mengujungi gunung-gunung yang terdapat di sekitar Gunungkidul. Gunung di Gunungkidul bukan seperti gunung merapi atau gunung tinggi lainya. Kamu tidak memerlukan peralatan yang rumit, untuk bisa melihat spot wisata Yogyakarta ini. Salah satu gunung yang bisa kamu daki dan yang juga membuat saya penasaran  adalah gunung Botak atau yang  lebih dikenal sebagai gunung ireng. Untuk sampai ketempat ini saya hanya butuh waktu 1 jam pendakian saja. Jadi tidak membutuhkan perjalanan yang begitu melelehkan seperti pendakian ke gunung-gunung besar.

Untuk menuju ke wisata unik Jogja ini juga sangat mudah. Dari kota Jogja kamu tinggal menuju ke arah jalan Wonosari sampai ke arah patuk. Nanti jika sudah bertemu perempatan ambil arah ke kanan. Lurus saja terus sampai menemukan tugu Semar Ireng lalu belok ke arah kanan. Jalannya masih berbatu, jadi kamu harus lebih berhati-hati ketika berkendara. Parkir kendaraan kamu di tempat parkir yang telah tersedia dan jangan lupa untuk membayar parkir yang sudah termasuk retribusi. Kemudian kamu akan memulai pendakian ke gunung Ireng kurang lebih selama 1 sampai 1,5 jam perjalanan tergantung fisik masing-masing juga sih!

Tempat ini memang belum seramai puncak Nglangeran. Wisata unik Yogyakarta ini masih alami dan bisa menjadi spot untuk melihat matahari tenggelam yang paling baik. Di atas gunung Ireng juga terdapat area perkemahan yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda. Ada satu puncak lagi yang lebih tinggi, kamu cukup naik selama 10 menit. Kamu akan melihat pemandangan yang sangat memukau. Kamu akan melihat hamparan sawah dan pepohonan yang hijau. Jika kamu tidak ingin bermalam atau kurang persiapan seperti saat travelling saya yang serba dadakan dan rasa penasaran waktu itu. Di puncak gunung Ireng terdapat pondok kayu yang bisa digunakan untuk bersantai.

Pemandangan langit senja di tempat ini memang sangat indah. Dengan hamparan awan yang mengelilinginya. Selain mengunjungi puncak gunung Ireng, kamu juga bisa mengunjungi air terjun yang terletak tidak jauh dari lokasi gunung Ireng. Ada air terjun Taman Sari atau dikenal juga dengan jurug gedhe. Untuk sampai ke lokasi Jurug Gedhe saya banyak bertanya ke warga sekitar karena memang lokasinya agak tersembunyi. Perjalanan ini pasti akan menjadi cerita wisata Jogja yang sangat seru.

Deskripsi: puncak gunung Ireng bisa menjadi spot menarik untuk melihat pesona matahari terbenam dikala senja.

 


Review Terbaru


  • Review Oleh : Anri Wahyu Cahyono

      24 Juli 2016







Komentar

5 Ratings  (1 Komentar)
5 Bintang
100%
1 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar