Travel Story Detail

Hangatnya Mie Jawa Rebus di Pondok Kopi Ambarawa



Aroma bawang merah goreng yang ditaburkan di atas hidangan dalam mangkok, membuatku langsung terjaga. Maklum sebagai penggemar saudara tiri bawang putih, maka hidung saya langsung mendeteksi kehadirannya. Apalagi saat tersenyum manis di atas rimbunan mie dalam mangkok besar. Wes langsung sendok makan dan garpu tergenggam.

Mie Jawa, itu menu kuliner yang aku pilih diantara sekian judul masakan di kantin pondok kopi yang kami datangi. Iya kami, karena terdiri dari tim travelers dan talent di free trip spotunik goes to Ambarawa. Siapa lagi kalau bukan Aku, Della, Dika, Toas dan 10 kru yang profesional saat mengambil video dan foto tenpat yang kami kunjungi.

Well, kembali ke Mie Jawa rebus ya. Ukuran mangkok memang lebih besar dari yang biasa aku gunakan, dan setelah kuingat ternyata memang biasa dipakai untuk ramen (mie Jepang). Isinya hampir sama dengan Mie Jawa rebus yang ada di Yogya, namun ada penambahan sosis dan bakso. Telur yang dipakai juga dibiarkan matang seiring mie tanpa dikocok lebih dahulu, alhasil tetap bebentuk lingkaran dan setengah matang. Akan lebih enak lagi jika yang dipakai adalah telur bebek yang terkenal lebih gurih dan bergizi tinggi.

Tentu aku mencicipi dulu kuah yang nampak sekali berkaldu ayam berwarna keruh, sebuah ciri khas mie jawa rebus. Memang potongan daging ayam menjadi bahan utama penghasil kaldu, bahkan suwirannya (potongan dalam bahasa jawa) dominan dan syukurlah matang sampai ke bagian dalam.

Pondok kopi yang kami singgahi memang berhawa dingin, angin pada pagi itu berhembus lebih kencang sehingga rencana terbang layang urung diteruskan. Sebagai gantinya kami mengambil beberapa adegan para talent di sudut-sudut pondok kopi. Dan saat angka 12 sudah di ujung jam dinding maka makan siang segera dipesankan.

Jadi kapan lagi kita ke pondok kopi Ambarawa kakak?



Komentar

0 Ratings  (0 Komentar)
5 Bintang
0%
0 Komentar
4 Bintang
0%
0 Komentar
3 Bintang
0%
0 Komentar
2 Bintang
0%
0 Komentar
1 Bintang
0%
0 Komentar


Login untuk memberikan review

Daftar Komentar